APBD 2013 Fokus di Tiga Sektor

APBD 2013 Fokus di Tiga Sektor

BANGKO - Tiga sektor peningkatan pembangunan saat ini dicanangkan Pemerintah pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar. Tiga sektor ini ternyata masih menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Merangin dalam melaksanakan pembangunan tahun anggaran 2013.

Program tersebut mengerucut ketika penyampaikan Prolegda Pemerintah Kabupaten Merangin tahun 2013. Dimana dalam rapat paripurna tersebut penetapan Perda terkait APBD (APBD) Perubahan dan menyampaikan pengantar Kebijakan Umum Anggaran (KUA) daerah dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), tiga sektor tersebut masih menjadi yang utama dalam rangka mendukung pengembangan desa daerah maju untuk mewujudkan merangin Makmur 2013.

Demikian juga yang dikatakan Bupati Merangin Drs H Nalim SH MM kepada Koran ini. “Untuk pengajuan penggunaan Anggaran APBD tahun 2013 ini, kita masih proritaskan Tiga sektor meliputi pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar, untuk kemakmuran Raykayat,” kata Nalim.

Dikatakannya rencana kebijakan pembangunan 2013 diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas, pencipta lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, pengurangan  angka kemiskinan dan peningkatan produktivitas daerah dan pemerataan pembangunan. Selain itu, peningkatan ketahanan ekonomi dengan membangun basis perekonomian daerah masih menjadi perhatian.

“Khususnya basis-basis ekonomi desa melalui penguatan sektor unggulan yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif dalam jangka panjang yang ditopang oleh pelaku industri dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tingkat pedesaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati menambahkan peningkatan kualitas pembangunan manusia dan upaya penanggulangan kemiskinan juga tak luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Merangin. Hal ini dikarenakan adanya temuan dan hasil tatap muka dengan masyarakat, berbagai upaya untuk tahun 2013 dapat terlaksana.

“Karena dengan peningkatan kualitas SDM, juga tidak kalah pentingnya untuyk menunjuang percepatan perekonomian yang maju,dengan demikian angka kemiskinan dapat ditekan,” tuntasnya.

Diprediksi, tiga pilar pembangunan tersebut memang menjadi prioritas, lantaran sampai saat ini Pemerintah masih berupaya dalam meningkatkan di sektor tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan, dengan penataan birokrasi yang baik, program yang jelas dan terarah, serta berbasis kebutuhan masyarakat, seluruh program ini dipastikan akan meningkatkan pembangunan di Merangin. Baik dari berbagai sisi dan bidang kehidupan.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: