>

Muaro Bungo Siap Siaga Bencana

Muaro Bungo Siap Siaga Bencana

MUARO BUNGO – Memasuki musim penghujan, menjadi  perhatian bagi Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyrakat Kabupaten Muaro Bungo. Saat ini, BPBD sudah siap siaga untuk mengatasi bencana.

            Langkah itu dimaksud untuk mengantisipasi apabila terjadi banjir maupun longsor dimusim penghujan saat ini. Bahkan, BPBD telah menyiapkan posko pengaduan bencana 24 jam.

            Kepala BPBD Muaro Bungo, Johanes Arfandi mengatakan, BPBD Muaro Bungo telah siap siaga dari awal. “Inikan memang sudah tugas kami. Apalagi untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor,” katanya. Seraya mengatakan bahwa, bencana itu dimungkinkan akan terjadi pada musim penghujan.

            Untuk langkah awal, BPBD telah mengirimkan surat kepada seluruh camat yang bearada dalam Kabupaten Bungo.

            “Mereka harus melaporkan kondisi wilayah atau lokasi yang rawan bencana dan lokasi yang sedang terjadi bencana,” tegasnya.

            “Seluruh pegawai juga telah kami perintahkan untuk siap siaga,” kata dia. Seraya mengatakan personilnya saat ini masih kurangan dan terbatas. “Kita juga minta bantuan kepada tim reaksi cepat. Dengan bantuan itu, tim kita cukuplah,” katanya.

Untuk dana tanggap bencana, pihaknya juga telah menyiapkan dana dan siap untuk digunakan apabila nanti terjadi bencana.

“Jumlahnya tergantung dari skala bencana itu sendiri,” tandasnya.

Begitu juga dengan perlengkapan logistiknya, BPBD juga telah menyiapkannya. Seperti, tenda, motor, perahu karet dan genset.

“Yang jelas, kita sudah siap,” pungkasnya.

(Cr8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: