Bola Berpindah ke BK DPR

Bola Berpindah ke BK DPR

      Untuk itu, Sardjono mengaku telah melaporkan Rudi Sotyopurnomo ke Polda Metro Jaya dengan dugaan pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik dan fitnah Jumat (2/11)minggu lalu. Sayang, saat dikonfirmasi Jawa Pos melalui telepon maupun sms berkali-kali, Dirut Merpati Rudi Setyopoernomo tidak memberikan respon terkait tudingan yang dilaporkan Sardjono itu.

      Merpati merupakan salah satu BUMN yang diusulkan mendapatkan PMN tahun 2012. Kementerian BUMN mengusulkan beberapa perusahaan mendapatkan suntikan modal, antara lain PT PAL Indonesia Rp 600 miliar, PT Pindad Persero Rp 300 miliar, PT Dirgantara Indonesia Rp 400 miliar, PT Industri Kapal Indonesia Rp 200 miliar, PT Merpati Nusantara Airlines Rp 200 miliar, dan PT Garam Rp 100 miliar.

  PPATK Tunggu Laporan

      Menanggapi laporan Dahlan Iskan kepada BK DPR, Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti dugaan pidana pencucian uang pada pelaporan tersebut.   Apalagi, kasus ini sudah menyita perhatian publik,   ungkap Agus, kemarin.

      Kendati demikian, Agus mengatakan pihaknya masih menunggu Dahlan untuk melaporkan secara langsung kepada PPATK. Atau, BK DPR bisa menjadi pihak pelapor jika menginginkan PPATK menelisik transaksi keuangan yang terjadi pada kasus ini.   Kami akan lindungi identitas pelapor, baik Pak Dahlan sendiri, atau Badan Kehormatan,   terangnya.

      Mengapa PPATK menunggu laporan langsung dari pihak-pihak tersebut\"   Karena kami butuh time frame yang lebih rinci dan jelas, untuk memudahkan upaya intelijen keuangan,   jelasnya.

      Sementara itu, terkait dua nama anggota DPR yang menjadi terduga kasus kongkalikong antara DPR dan BUMN, Agus enggan berkomentar. Termasuk, apakah dua nama tersebut masuk di antara salah satu dari 18 anggota DPR yang transaksi keuangannya dicurigai.   Karena kami sangat merahasiakan integritas baik dari pelapor ataupun yang diperiksa,   paparnya.

(pri/wir/gal/nw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: