Ekspansi Diler, Inves USD 5 Juta

Ekspansi Diler, Inves USD 5 Juta

SURABAYA - Pasar otomotif tanah air yang terus membesar mulai diantisipasi para agen pemegang merek (APM). Salah satunya PT TC Subaru, APM Subaru di Indonesia. Mereka siap menggelontorkan dana USD 5 juta untuk ekspansi diler.

                \"Tahun depan, kami akan menambah lima sampai delapan diler baru,\" kata Presdir PT TC Subaru Glenn Tan di sela pameran Subaru XV di Ciputra World Surabaya (CWS) pekan lalu.

       Diler baru tersebut antara lain berada di Malang dan Samarinda. Selain itu, mereka melakukan relokasi diler Surabaya ke tempat yang lebih representatif dengan luasan lebih besar daripada sekarang. \"Pertumbuhan penjualan sangat tinggi. Salah satunya Surabaya. Ini harus kita antisipasi,\" katanya.

       Sejak Januari hingga Oktober 2012, Subaru Indonesia sudah menjual 449 unit. Jumlah tersebut melonjak 75 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yakni 256. Kontribusi terbesar masih varian SUV Forester. Untuk tahun depan, produk andalan Subaru adalah XV. Mobil berkapasitas mesin 2 ribu cc itu banyak diminati konsumen. Terbukti, daftar surat pemesanan kendaraan yang baru diluncurkan pada IIMS 2012 akhir September lalu itu tercatat 170 unit. Padahal, XV baru diproduksi pada akhir tahun depan di Malaysia. \"Pengiriman ke konsumen Desember atau awal 2013,\" kata Glenn.

       Glenn menambahkan, kapasitas produksi XV adalah 450 unit per bulan. Produk didistribusikan untuk tiga negara, yakni Malaysia, Indonesia, dan Thailand. \"Untuk produksi bulan pertama, semua untuk Indonesia. Jika permintaan tinggi, kapasitas pabrik bisa kita tingkatkan dobel,\" cetusnya.

       Denny Atmaja, kepala cabang Subaru Surabaya, menambahkan sampai Oktober penjualan sudah 71 unit di Surabaya. Permintaan XV untuk sementara di luar prediksinya, setiap hari mereka bisa menjual minimal 2 unit. \"Karena itu, target di Jatim adalah 170 unit,\" paparnya.

(dio)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: