Wakili Istri, Habibie Terima Penghargaan

Wakili Istri, Habibie Terima Penghargaan

JAKARTA - Kiprah Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu (YAAB-ORBIT) Hasri Ainun Habibie tadi malam memperoleh penghargaan Apresiasi Peduli Pendidikan (APP) Kemendikbud 2012. Organisasi penyalur beasiswa itu dinilai konsisten membantu pemerintah di dunia pendidikan.

YAAB-ORBIT Hasri Ainun Habibie didirikan diantaranya oleh almarhumah Ainun Habibie,  istri mantan Presiden  B. J. Habibie. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Mendikbud Mohammad Nuh kepada Habibie. Usai menerima piala, Habibie sempat berpidato soal pendidikan tanah air.

\"Pembangunan bangsa ini berkaitan dengan SDM, bukan SDA,\" katanya. Dengan kondisi itu, peran pembangunan cukup penting. Kepada Nuh, Habibie mengingatkan jika pendidikan itu harus dibangun dalam tiga unsur penting. Yaitu budaya, agama, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di akhir pidatonya, Habibie dengan pidato mantap mengatakan jika istrinya ada di dalam tubuhnya. \"Saya bisa berbicara dengan dia, tetapi saya tidak pernah menerima balasan. Saya juga tidak bisa menyentuhnya. Tapi saya yakin dia ada di dalam sini,\" tutur Habibie sambil meletakkan kedua telapak tanngannya ke dada.

Habibie yakin jika istrinya tersenyum melihat pemberian penghargaan ini. Meski sang pendiri sudah tiada, Habibie meyakinkan jika yayasan ini akan terus membantu pendidikan. Dia juga mengaku bangga terhadap para peraih penghargaan lainnya.

Dalam malam penganugrahan ini, turut hadir juga Panglima TNI Agus Suhartono. Dia menerima penghargaan atas jasa TNI yang aktif membantu pendidikan. Seperti ikut dalam program rehab sekolah rusak. \"Selain itu para prajurit di perbatasan juga menjadi pengajar,\" katanya.

Menikbud Mohammad Nuh menuturkan, urusan pendidikan ini adalah tanggung jawab pemerintah masyarakat. \"Tidak boleh hanya ditanggung pemerintah saja, atau masyarakat saja,\" ujar menteri asal Surabaya itu.

(Wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: