60 Persen Lebih KTA Fiktif

60 Persen Lebih KTA Fiktif

Temuan KPU Saat Verifikasi Faktual

KERINCI – Hasil verifkasi faktual yang dilakukan KPUD Kerinci terhadap Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik menemukan banyak KTA fiktif.

Temuan tersebut dari hasil tim 3 Verfikasi faktual yang di pimpin Nasrin anggota KPUD Kerinci, untuk wilayah kecamatan Air Hangat, Air Hangat Timur dan Depati Tujuh.

Nasrin, kepada harian ini mengatakan, dari hasil sementara tim yang dipimpinnya, dari 120 orang pemilik KTA yang  terdiri dari beberaapa partai di Kecamatan Air Hangat, sekitar 66 persen, atau 80 orang diduga piktif  karena tidak ada orangnya.

“Kita sudah turun kelapangan untuk mancari nama anggota partai sesuai dengan KTA yang ada, namun tidak ditemukan. Ditanya dengan masyarakat tidak mengenal yang bersangkutan, kepala desa mengaku tidak ada warganya yang bernama tersebut,” ungkapnya.

Nasrin menambahkan, 66 persen KTA yang diduga piktif tersebut terdiri dari partai, Nasdem, PDIP , PKPI, Hanura , Demokrat. “ Selain KTA, yang tidak ada orangnya, KPU juga menemukan adanya Pegawai Negeri Sipil yang masuk sebagai anggota partai tertentu, ”tegasnya. Hanya saja dirinya tidak menjelaskan berapa jumlah PNS tersebut.

Sementara  untuk dikecamatan Air Hangat Timur, KPU Kerinci juga tidak menemukan pemilik KTA parpol, dari 44 orang pemilik yang di verfikasi faktual, 9 orang tidak ada orangnya, atau sekitar 20 persen.

“Air Hangat  timur ada beberapa pemilik KTA tidak ada orangnya, meski jumlahnya tidak banyak,” jelas Nasrin saat ditemui di ruangnya Rabu, (21/11).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, akan segera menyurati parta politik yang agar dapat menghadirkan nama-nama orang yang ada di KTA, sebagaimana aturan yang ada, karena KPU sudah turun ternyata nama yang bersangkutan tidak ada.

“Kita surati  partai untuk menghadirkan nama-nama sesuai  KTA,” tegasnya.

(hdi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: