Motor Sport Tetap Naik

Motor Sport Tetap Naik

Honda Bertekad Rebut Pasar Motor Sport

JAKARTA- PT Astra Honda Motor (AHM) punya ambisi besar untuk merebut pangsa pasar kategori motor sport tahun depan. Kategori ini memang menggiurkan karena tetap mencatatkan pertumbuhan di saat pasar sepeda motor secara total mengalami penurunan.

Presiden Direktur AHM, Yusuke Hori, mengatakan, pihaknya memprediksi pasar roda dua tahun depan akan ada di kisaran antara 6,7 juta sampai 7,4 juta unit. Berapapun realisasinya nanti AHM memburu market share sebesar 60 persen.

Salah satu kunci utama untuk meraih target itu adalah ambil alih dominasi kompetitor di kategori motor sport. Sebelumnya AHM sukses menyalip di kategori skuter matik (matik). “Kami targetkan tahun depan bisa kuasai lebih dari 60 persen pangsa pasar secara whole sales dengan meluncurkan model-model baru yang atraktif,” ujarnya saat peluncuran Honda CB150R di sirkuit Sentul, Bogor, kemarin.

Langkah itu sudah dimulai kemarin dengan meluncurkan secara resmi CB150R yang akan berhadapan langsung dengan Yamaha V-Ixion pada harga kurang lebih sama. Pihaknya juga bertekad untuk meluncurkan motor sport baru lainnya selain memaintain motor sport yang sudah ada mulai dari CBR 250, Honda Tiger, sampai New Mega Pro.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, mengatakan CB150R masuk di segmen middle motor sport. Segmen ini merupakan pasar paling subur karena menguasai 84 persen dari total pasar motor sport di Indonesia. “Pasar motor sport memang sangat menarik karena terus mengalami pertumbuhan seiring dengan kenaikan jumlah penduduk di kelas ekonomi menengah di Indonesia,” ungkapnya.

Pada tahun ini pasar motor sport di Indonesia berpotensi melebihi penjualan 1 juta unit sebab sepanjang Januari sampai November 2012 penjualan terealisasi sebanyak 935.659 unit dengan kontribusi sekitar 14 persen terhadap pasar total. Angka ini meningkat 18,5 persen dibandingkan 789.303 unit pada periode sama tahun lalu.

Sementara pasar total sepeda motor sepanjang 11 bulan di tahun ini sudah mencapai 6,57 juta unit atau turun 12,9 persen dari 7,55 juta unit pada periode sama tahun lalu. AHM sendiri sepanjang Januari sampai November tahun ini merealisasikan penjualan 3,78 juta unit dengan market share 58 persen.

Direktur Marketing AHM, Margono Tanuwijaya, mengatakan tahun depan pasar motor sport akan berpotensi meningkat lagi menjadi 1,1 juta unit sampai 1,2 juta unit dan memberi kontribusi antara 15 persen sampai 16 persen terhadap total pasar. Yamaha sampai tahun ini masih memimpin pasar dengan persentase signifikan. Sedangkan AHM baru menguasai market share sebesar 17 persen.

Kehadiran CB150R membuat AHM optimistis meraih pangsa pasar signifikan tahun depan. Margono mengatakan pihaknya menargetkan meraih pangsa pasar sebesar 35 persen samopai 40 persen dari total market motor sport. “Untuk CB150R ini saja kami targetkan penjualan 15 ribu unit perbulan,\" katanya.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: