Industri Hilir Digenjot

Industri Hilir Digenjot

DENGAN kondisi harga sawit yang terus melorot, pemerintah mau tidak mau harus mengambil langkah strategis. Langkah tersebut yakni menggenjot industri hilir sawit. Ini agar supaya produksi sawit di Jambi punya value addid yang baik.

Sekda Provinsi Jambi, Ir Syahrasaddin yang dikonfirmasi koran ini mengaku memang sudah ada instruksi dari gubernur untuk memajukan industri hilir tersebut.

‘’2013 nanti,  bapak gubernur sudah meminta agar industri onderdil sepeda motor yang berbahan baku karet harus ada di Jambi. Selain itu, juga industri minyak goreng kemasan,’’ ungkap Syahrasaddin.

Dirinya menyampaikan, selama ini yang menjadi kendala investor untuk berinvestasi di Industri hilir tersebut adalah infrastruktur pelabuhan. Oleh karena itu, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung juga digenjot di 2013 ini.

‘’Ini agar minat para investor untuk berinvestasi meningkat,’’ sebutnya.

Komitmen pemerintah provinsi untuk industri perkebunan ini sebutnya dapat dilihat dari alokasi anggaran untuk Dinas Perkebunan yang bertambah pada tahun ini. Dan diharapkan dana tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan umat.

‘’Sebelumnya anggaran  Disbun Rp 24 M untuk pelaksanaan program. Pada tahun 2013 mendatang naik menjadi  Rp 37 M,’’ terangnya.

Pemerintah pusat katanya, juga menaruh perhatian kepada pemerintah provinsi Jambi. Tahun 2013 mendatang mengalokasikan anggaran untuk replanting karet seluas 7.000 hektare.

‘’Ini angka terluas se Indonesia,’’ katanya.

(arm)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: