Anggaran Persiapan Belum Juga Cair

Anggaran Persiapan Belum Juga Cair

KPU Minta Dipercepat

KERINCI – Hingga saat ini belum ada kejelasan soal anggaran untuk Pemilukada Kerinci yang direncanakan digelar 4 Juli mendatang.

Bahkan anggaranuntuk tahapan persiapan yang telah disahkan pada APBD-P tahun 2012 sebesar Rp 262 Juta, dan NPHD-nya telah ditandatangani oleh Bupati Kerinci dan Ketua KPU Kerinci Rabu (12/12) kemarin belum juga dicairkan.

“Untuk dana persiapan tinggal pencairan saja, NPHD-nya sudah kita tanda tangani. Cepat atau lambatnya pencairan dana tersebut tergantung  DPPKA,” tutur Ketua KPUD Kerinci, Mulfi kepada harian ini.

Menurutnya, jika pencairannya terlambat, dampaknya tahapan akan terganggu.”Kalau sempat pencairannya terlambat, maka tahapan juga akan terhambat. Atau jika ada pihak yang ingin mempersulit pencairannya, berarti menghambat tahapan, maka bisa dipidanakan,” katanya.

Selain itu, untuk anggaran yang masuk di APBD murni 2013 masih alam pembahasan. “Katanya akan dibahas oleh DPRD terlebih dahulu. Permintaan kitakan sebanyak Rp 14,5 Milyar tidak boleh kurang, sementara eksekutif hanya mampu Rp 10 Milyar. Kabarnya sudah ada perubahan dari Rp 10 Milyar, tapi kita belum tahu berapa jumlahnya, silakan tanya DPPKA,”jelasnya.

Yang jelas pihaknya berharap agar eksekutif dan legislatif untuk dapat memenuhi sesuai dengan kebutuhan KPU.

Terpisah, Ketua DPRD Kerinci, Liberty menyebutkan belum ada kepastian soal berapa anggaran untuk Pemilukada tersebut.

“Acuan pengajuan anggaran dari KPU itukan data pemilih yang lama. Kita masih menunggu hasil total perekaman e-KTP, kita tentukan dulu jumlah pemilihnya, nanti kita sesuaikan,” tegas Liberty.

(hdi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: