DPS Merangin 166.174 Jiwa

DPS Merangin 166.174 Jiwa

5 Kecamatan Belum Serahkan DPS

MERANGIN – Hingga kemarin, tercatat 166. 174 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilukada Merangin 25 Maret mendatang.

                Jumlah ini terdiri dari 19 kecamatan yang menyerahkan DPS ke KPU. Dari 24 kecamatann yang ada di Merangin, lima kecamatan lagi belum menyerahkan DPS.

Anggota KPUD Merangin, Riskandi mengatakan, lima kecamatan yang belum menyerahkan DPS yaitu Kecamatan Muara siau, Pamenang, Tabir Barat, Tabir Ulu, dan Nalo Tantan.

“Lima kecamatan ini belum menyerahkan ke KPU,’’ katanya.

Meski data belum masuk secara keseluruhan, dipastikan jumlah pemilih bertambah signifikan dari Pilbup 2008 lalu. Dimana jumlah pemilih saat itu hanya sekitar 225 ribu pemilih, sedangkan saat ini dari 19 kecamatan saja sudah 166 ribu belum lagi 5 kecamatan yang notabennya merupakan kecamatan-kecamatan yang memiliki jumlah mata pilih terbesar di Merangin.

“Kemungkinan bertambahnya mata pilih semakin besar, karena 5 kecamatan yang belum menyerahkan daftar pemilih sementara tersebut merupakan kecamatan-kecamatan yang meiliki mata pilih besar,” ujar riskandi.

Sedangkan untuk para warga eksodus dari Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung yang berada di Lembah Masurai dan sekitarnya, apakah mendapatkan hak pilih atau tidak KPU belum bisa memastikannya.

Ketua KPU Merangin, Barlep menegaskan, bahwa tidak ada warga yang kehilangan hak suaranya. Semua warga Kabupaten Merangin berhak mendapatkan hak suaranya.

“Warga Merangin pasti dapat hak pilih, kalau yang bukan warga Merangin kan tidak mungkin dapat hal pilih,” tegasnya.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: