314 Siswa SMPN 7 Ikut Try Out Pertama

314 Siswa SMPN 7 Ikut Try Out Pertama

JAMBI-Untuk mempersiapkan siswanya menghadapi ujian nasional (UN) akhir April 2013 mendatang, maka sebanyak 314 siswa SMPN 7 Kota Jambi mengikti try out (TO). Kegiatan TO ini dilaksanakan pihak sekolah dengan menggunakan dana BOS.

Waka Kurikulum SMPN 7 Jambi, Wayan Mada, MPd mengatakan bahwa try out akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu 9-10 Januari 2013. Untuk hari pertama mata pelajaran IPA dan bahasa Inggris dan hari kedua MTK dan Bahasa Indonesia.

“Mulai hari ini (kemarin, red) siswa kita sudah mengikuti try out. Try out ini yang pertama kita lakukan dari rencana awal sebanyak 5 kali try out. Soalnya masih 3 paket, kedepan kita akan membuat 20 paket sesuai dengan soal UN 2013 yang berjumlah 20 oaket,” sebut Wayan, kemarin.

Mengenai soal dari try out, Wayan mengatakan bahwa semua dibuat guru SMPN 7 Kota Jambi. Soal disesuaikan SKL yang sudah ditetapkan, sehingga soal try out sama seperti mata pelajaran yang sudah diajarkan guru di kelas. “Soalnya diracik guru SMPN 7 dan hasil try out akan dikoreksi pihak sekolah,” akunya.

Hasil try out sendiri diakuinya akan menjadi bahan pertimbangan dan pembinaan bagi guru SMPN 7 Kota Jambi. Sehingga diharapkan pihaknya bisa melihat dimana kelemahan siswa untuk terus dibina sebelum mengikuti UN 2013.

“Dari hasil try out diharapkan tergambar kemampuan siswa menghadapi UN. Mereka akan dikelompokkan menjadi 3 level, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Mereka akan dibina secara khusus oleh tim UN guru SMPN 7, sehingga saat UN siswa benar-benar siap,” ujar Wayan.

Kegiatan try out sendiri dijelaskannya selain meningkatkan kemampuan siswa, juga untuk meningkatkan mental siswa menghadapi ujian nasional (UN). Bila siswa terbiasanya dengan kegiatan try out, maka diharapkan saat UN siswa terbiasa dengan suasana ujian.

“Untuk TO pertama ini soalnya masih 3 paket, tapi untuk TO selenjutnya soalnya ada 20 paket sesuai dengan aturan UN 2013. Kita akan terus mengevaluasi setiap try out yang kita gelar, karena tujuan try out bagaimana mempersiapkan siswa dengan sebaik-baiknya menghasdapi UN nanti,” harapnya.

Tujuan digelarnya kegiatan try out untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan siswa-siswi tingkat SMPN 7dalam menghadapi UN pada akhir April 2013 mendatang. “Dengan try out ini, diharapkan siswa-siswi dapat mengetahuim ke­mampuan mereka sebelum UN dilaksanakan,” tambahnya.

(kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: