Demokrat Copot Bambang Priyanto

Demokrat Copot  Bambang Priyanto

Dari Ketua MPC, Dinilai Tak Berkontribusi Bagi Partai

JAMBI – Konstalasi politik di Kota Jambi jelang Pilwako Jambi pertengahan 2013 mendatang, semakin memanas.

Walikota Jambi Bambang Priyanto yang notabenenya merupakan calon incumbent, secara mengejutkan  dipecat dari posisi Ketua MPC Demokrat Kota Jambi.

Pengumuman pemecatan itu disampaikan langsung oleh Ketua DPC Demokrat Kota Jambi AS Budianto dalam keterangan pers resmi, kemarin sore.

‘’Pemecatan tersebut karena sebagai kader, Bambang tidak memberikan kontribusi kepada partai,’’ tegas Budianto kepada sejumlah wartawan, kemarin. Posisi Bambang selanjutnya diisi oleh Ketua DPRD Kota Jambi Zaianl Abidin.

Pemecatan ini tentunya menimbulkan beragam persepsi, bahkan disinyalir ada hubungannya dengan Pilwako Jambi 2-13. Pasalnya, di Pilwako Jambi, Demokrat sudah  mempunyai  kandidat yang bakal diusung, yakni Efendi Hatta, Sekjend DPD Demokrat Provinsi Jambi yang juga Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Artinya, dengan dipecatnya Bambang Priyanto dari Ketua MPC, praktis, Efendi Hatta tidak lagi mempunyai pesaing untuk diusung Demokrat. Fakta ini diperkuat dengan gagalnya Bambang merebut kursi ketua DPC Demokrat Kota Jambi saat pemilihan beberapa waktu lalu.

Hanya saja, Ketua DPC Kota Jambi AS Budianto membantah jika pemecatan ini ada kaitannya dengan masalah Pilwako Jambi.

“Kontribusinya kepada partai sangat kurang, ini tidak ada kaitan dengan Pilwako. Jadi pengurus ya harus aktiv, ada kontribusi baik pemikiran dan lainnya,” katanya.

Menurutnya, apalagi Bambang sebagai Ketua MPC, seharusnya jika ada acara partai tidak perlu diundang, tapi harus pro aktiv.

“Seharusnya tidak perlu diundang, tapi datang sendiri, harus pro aktiv. Selama ini ia hanya datang sekali saat acara pelantikan DPAC Jambi Timur,” ujarnya.

Dijelaskannya, pemecatan tersebut berdasarkan hasil Rakorcab 27 Desember lalu. Dimana salah satu keputusan atau suara dari tingkat Ranting sampai DPC adalah, DPC harus meropisisi kepengurusan, baik di MPC maupun di DPC itu sendiri.

“Hasil Rakorcab ini ditindaklanjuti malam tadi (Senin malam, red), keputusannya bahwa hasil pleno memutuskan untuk mengusulkan kepada DPP melalui DPD mengganti Bambang Priyanto dengan Zainal Abidin,” jelasnya.

Tidak hanya Bambang, pihaknya juga mereposisi sekitar 30 dari 105 orang pengurus. Seperti Ketua Bapillu, Hadi Prawira Negara juga diganti oleh Hamid Jufri. Posisi Ketua BK yang sebelumnya dijabat oleh Zainal Abidin digantikan oleh Bakri Pajawa termasuk Wakil Sekretaris, Wismarini diganti oleh Rully.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: