Keabsahan Dukungan Ganda Belum Tuntas

Keabsahan Dukungan  Ganda Belum Tuntas

KPU Bungkam Soal Verifikasi Ijazah

MERANGIN – KPU Merangin belum bisa memastikan keabsahan lima dukungan parpol yang ganda. Kelima parpol tersebut yakni, PPNUI, PPDI, PPI, PKP dan PIS.

Dari lima parpol ini, ada yang tercatat mendukung pasangan Handayani – Jailani (Haji) dan juga Al Haris – Khafid Moein (Harkad) untuk Pemilukada Merangin yang akan digelar 25 Maret mendatang.

Anggota KPU kabupaten Merangin, Nanda kepada wartawan mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penelitian terkait kebsahan dukungan tersebut.

“Sampai saat ini kita masih terus melakukan penelitian, namun masih ada beberapa parpol yang kita belum berhasil dapatkan kepastiannya. Jadi menjelang penetapan kandidat, kita akan terus malakukan penelitian,” katanya.

Dikatakannya, soal keabsahan dukungan tersebut akan segera diketahui pada saat pengumuman calon yang memenuhi persayaratan, yang di umumkan pada tangga 05 februari mendatang. KPU juga masih akan berkonsultasi dengan KPU pusat terkait hal tersebut.

“Nanti pada saat pengumuman kandidat yang memenuhi parsyaratan semua juga akan tahu. Kami juga masih akan berkonsultsi dengan KPU pusat terkait hal ini,” tukasnya.

Sementara itu, soal hasil verifikasi ijazah, KPU enggan membeberkannya. Namun Nanda memastikan bahwa verivikasi ijazah semua kandidat sudah dilakukan.

“Untuk verifikasi ijazah, sudah kita laksanakan baik yang di Kabupaten Merangin maupun yang diluar Kabupaten Merangin,” tegasnya.

Ia juga mengaku tidak bisa mempublikasikan di sekolah atau perguruan tinggi mana saja para kandidat yang diverifikasi ijazahnya karena menyangkut aturan yang berlaku.

“Kalau masalah itu kita tidak bisa ngasih imformasi, karena menyalahi aturan. Yang jelas hasilnya pada penetapan calon nanti,” elaknya.

Sedangkan tempat dilakukannya verifikasi ijazah, diantaranya di Bandung, Jakarta, Medan, Temanggung, Sumatera Barat dan beberapa daerah lainnya.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: