DP4 Kerinci 180 Ribu Lebih

DP4 Kerinci 180 Ribu Lebih

JAMBI - Jumlah Daftar Pemilih Penduduk Potensial (DP4) sementara Kerinci yang akan digunakan untuk Pemilukada mendatang sebanyak 180 ribu jiwa lebih.

Kepastian mengenai hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kerinci, Syafril Hayadi saat dikonfirmasi harian ini kemarin (31/01).

“Jumlah pastinya kita belum tahu, tapi sekitar 180 ribu lebih. Karena datanya bukan berbentuk excel, jadi belum bisa kita pastikan. Jumlah ini kalkulasi secara keseluruhan, baik itu dari data e-KTP maupun data lainnya,” katanya.

Ia juga belum bisa memastikan berapa jumlah kenaikan dibandingkan saat Pilgub 2010 lalu. Termasuk persentase laki-laki dan perempuannya.

“Kita belum tahu, setelah kita rubah menjadi excel nanti baru bisa dihitung. Yang pasti ada penambahan dari Pilgub lalu. kita masih menghitung jumlah pastinya,” sebutnya.

DP4 tersebut akan diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada KPU Kerinci pada 07 Februari mendatang.

Sementara itu, Anggota KPU Kerinci, Rusdi Marsyam juga mengungkapkan hal yang senada. “Penyerahan sesuai dengan jadwal DP4 itu tanggal 07 Februari,” ujarnya.

Sementara untuk tahapan Pemilukada Kerinci lainnya, dikatakan Rusdi pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pelantikan PPK. “Kalau PPS sekarang belum selesai, tinggal diumumkan. Insyaallah sebelum penyerahan DP4 ini sudah seleai dilantik semua,” katanya.

Karena PPS nantinya yang akan bertugas memutakhirkan data yang diserahkan Disdukcapil tersebut menjadi DPS dan selanjutnya baru ditetapkan menjadi DPT.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: