Seribu Rumah akan Dibedah

Seribu Rumah akan Dibedah

Adni:  Bantuan Bervariasi, Sesuai Kondisi Rumah

SAROLANGUN - Tahun 2013 ini Pemkab Sarolangun, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan membangun rumah masyarakat miskin atau bedah rumah (Bedrum) sebanyak 1000 unit rumah. Ini merupakan bentuk perhatian pemkab terhadap kesejahteraan masyarakat.

‘’Program Bedrum kali ini merupakan bantuan dari kementrian perumahan rakyat republik indonesia yang akan dibangun melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2013, sebanyak 1000 unit. Kami sedang mengusahakan lebih dari itu,”  ujar Kabid Perumahan Rakyat Dinas PU dan Perumahan Rakyat Sarolangun kemarin (31/1).

Diterangkannya, kriteria masyarakat yang akan mendapatkan bantuan Bedrum ini ini adalah masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah 1.250.000 per bulan, dan memiliki rumah yang tidak layak huni seperti atap daun, lantai tanah atau sudah lapuk. ‘’Pengelolaan bedurm ini ada pokjanya, baik dari pusat, provinsi maupun dari kabupaten,” katanya.

Ditambahkannya, jika terdapat rumah yang sudah dibangun tetapi tidak sesuai dengan posisi yang ideal maka pihaknya akan memindahkan rumah mereka dan pemilik hanya menyiapkan lahan, ‘’Jika ada rumah yang berdiri di pinggiran sungai dan dikhuatirkan akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan maka kami akan pindahkan rumah itu ke tempat yang lebih aman, tetapi lahanya di luar tanggung jawab kami. Pemilik rumah yang  menyiapkan lahan, sedangkan biaya rumahnya dari kami,” katanya.

Adni berharap kepada petugas untuk betul-betul memperhatikan kondisi masyarakat yang mendapatkan bantuan, dan jangan ada masyarakat yang betul-betul membutuhkan tetap tidak dapat bantuan, sementara yang kurang membutuhkan di dapat bantuan, “Saya harap bantuan ini nanti tepat sasaran, dan didapati oleh masyarakat yang memang membutuhkan,” imbuhnya.

Dijelaskannya, dana Bedrum dalam program ini akan diterima lansung oleh warga yang bersangkutan, dan jumlahnya juga berpariasi, ‘’Nanti akan ditransfer langsung ke rekning warga yang mendapat bantuan sesuai dengan kerusakan rumahnya. Karenanya, tim nantinya akan menilai berapa jumlah bantuan yang layak untuk rumah,” tandas Adni.

(zha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: