Delapan Desa Dapat Sarana Air Bersih

Delapan Desa  Dapat Sarana Air Bersih

SAROLANGUN-  Kepala Dinas PU dan Perumahan Rakyat, Ir Endang Abdul Naser, melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Arbain ST, mengatakan 8 desa di 6  kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun bakal mendapatkan proyek pembangunan fasilitas air bersih guna memenuhi kebutuhan warga yang desa nya tidak mendapatkan akses air bersih dari PDAM.

‘’Tahun  2013 ini delapan desa di enam kecamatan mendapatkan alokasi pembangunan fasiltas air bersih. Dan dana kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK.)

Untuk pembangunan sarana air bersih, katanya, memang sangat tergantung dengan situasi desa penerima untuk kemudian akan dipasang pipa distribusi ke pemukiman warga. “Untuk jenis sarana air bersih tergantung geografis desa, bisa sumur gali, sumur bor, tidak menutup kemungkinan juga grafitasi,” ujarnya

                Program ini, katanya, dilakukan secara berkesinambungan  sejak dua tahun lalu oleh Pemerintah Pusat mulai 2010 hingga 2015 mendatang. Hal ini guna membantu masyarakat di daerah khususnya Sarolangun dalam mememuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat guna mendukung pola hidup sehat.

                ‘’Karenanya, dalam memenuhi sumber air bersih masyarakat, kami upayakan secepatnya desa yang belum memiliki sumber air bersih agar segera dibangun dengan tidak hanya mengandalkan dana pusat. Ke depan kami upayakan dengan dana APBD.  Karena kebutuhan air bersih sangat mendesak karena itu erat kaitan dengan kesehatan masyarakat,’’ tandas Arbain

(cr4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: