Baru Dua Tahun Sudah Diapresiasi Amerika dan Brasil

 Baru Dua Tahun Sudah Diapresiasi Amerika dan Brasil

 Dalam setiap dongeng yang ditayangkan, pengisi suara juga menyelipkan pesan-pesan moral yang mudah dicerna anak-anak. Misalnya, dalam kesempatan apa pun, anak-anak harus bisa memanfaatkan kekurangan untuk melakukan hal yang terbaik dan tanpa pamrih.

 Target sasaran FLAC Indonesia memang anak-anak. Menurut mereka, sistem yang telanjur korup di berbagai lini bisa dipangkas dengan menyiapkan para generasi pengganti 10\"20 tahun mendatang.

 \"Generasi baru itulah yang kelak diharapkan memiliki pemahaman tentang kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, dan nilai positif lainnya,\" terang pendaki gunung tersebut.

 Dalam merekrut anggota baru, pengurus amat selektif. Mereka hanya mencari orang-orang yang benar-benar mempunyai integritas yang tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi.

 \"Kami telisik data diri calon anggota serta mencari tahu motivasi apa yang membuat mereka tertarik bergabung di FLAC,\" terang Uty.

 Setelah anggota baru diperoleh, mereka harus mengikuti training dan workshop mengenai korupsi dan upaya-upaya mencegah serta memberantasnya. \"Tidak lupa, kami juga beri mereka pelatihan basic mendongeng,\" sambungnya.

 Dongeng memang metode utama yang digunakan FLAC Indonesia dalam berkampanye ke sekolah-sekolah. Berdasar penelitian, mendongeng merupakan cara efektif internalisasi nilai-nilai terhadap anak. Selain mendongeng, FLAC kerap menggunakan pendekatan lain seperti bermain, menari, bernyanyi, dan tebak-tebakan sebagai ice breaking.

 \"Lagu yang dipilih biasanya lagu daerah yang liriknya diubah dengan kata-kata antikorupsi,\" ujarnya.

 Road show penanaman nilai-nilai antikorupsi yang dilakukan FLAC Indonesia sudah menjangkau daerah-daerah luar Jawa. Antara lain, Sumatera Barat, Kalimantan, NTB, dan NTT. Sasaran mereka memang sekolah dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak-anak.

 Selama kurun dua tahun berjalan ini, FLAC Indonesia mendapat apresiasi dari sejumlah forum internasional. Para aktivis FLAC diundang untuk mengisi acara anak-anak. Misalnya, Global Youth Anti-Corruption Forum (GYAC) dan International Anti-Corruption Conference (IACC) di Brasilia, Brasil, 5\"10 November 2012.

 Dalam kegiatan itu, FLAC Indonesia mengirimkan Jiwo Damar Anarkie, presiden FLAC Indonesia. Uty pernah mewakili FLAC Indonesia dalam Global Engagement Summit 2013 di Amerika Serikat. Komunitas tersebut juga pernah menjadi presentator di ICERI 2013, 6th International Conference of Education, Research and Innovation di Sevilla, Spanyol.

 \"September ini kami juga diundang sebagai presentator di Global Network for Economic and Social Sustainability di Tokyo, Japan,\" paparnya.

 Uty menegaskan, keberhasilan FLAC Indonesia dalam upaya memberantas korupsi belum bisa dilihat dalam sekejap. Menurut dia, dampak usaha komunitas saat ini mungkin baru bisa terlihat 5\"20 tahun tahun lagi.

 \"Dampak upaya ini baru akan terlihat ketika anak-anak itu memimpin negeri ini. Mereka pasti punya integritas tinggi dan berkarakter,\" ujarnya.

(*/c5/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: