Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

                DAHLAN Iskan lahir di Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951. Dikenal sebagai pengusaha media, dia mulai berkecimpung dalam pemerintahan nasional saat ditunjuk sebagai direktur PLN pada akhir 2009. Sejumlah gebrakan Dahlan buat selama memimpin PLN, seperti bebas byar pet se-Indonesia dalam waktu 6 bulan, gerakan sehari sejuta sambungan.

                Selain itu juga pembangunan PLTS di lima pulau di Indonesia bagian Timur yaitu Pulau Banda, Bunaken Manado, Derawan Kalimantan Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Citrawangan. Pada Oktober 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kepercayaan kepada Dahlan untuk menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II sebagai menteri BUMN.

                Berbagai gebrakan Dahlan berlanjut saat memimpin BUMN. Antara lain restrukturisasi aset dan perampingan (rightsizing). Dahlan juga memiliki perhatian pada pengembangan mobil nasional, terutama yang menggunakan tenaga listrik.

                Dahlan juga tidak memberikan toleransi pada praktik penyimpangan atau korupsi. Dia tak segan memberikan sanksi tegas, seperti pemecatan. Saat ini, Dahlan dibantu tim yang antara lain beranggotakan Erry Riyana Hardjapamekas, mantan pimpinan KPK, tengah menyiapkan sebuah konsep atau roadmap menuju BUMN bersih. (*)

 

Sumber: