Berdayakan Masyarakat, Gunakan Pendekatan Komunitas

Berdayakan Masyarakat, Gunakan Pendekatan Komunitas

Pt PPMA bekerja di seluruh tanah Papua yang dalam kerjanya mengunakan pendekatan komunitas. Kelompok yang didampinggi Pt PPMA terbesar di seluruh tanah Papua. Ada terdapat kurang lebih 20 kelompok etnis (basis) yang telah dijangkau oleh PPMA dalam pendidikan Hukum kritis dan 10 diantaranya Pt PPMA mensiasati pembentukan Lembaga adatnya. Dalam aktivitasnya, Pt PPMA selalu bermitra dengan lembaga-lembaga lain seperti gereja, institusi adapt dan LSM local disetiap kabupaten.

”Kami ini lebih mengkhususkan pada penguatan kelembagaan masyarakat terutama menyangkut dengan kepemilikan lahan dan sejarah asal usul masyarakat adapt. Salah satu tugas yang saat ini kami kerjakan yaitu pemetaan partisipatif dalam kepemilikan lahan atau pun pemetaan tanah-tanah adapt,” kata Naumi

Pt PPMA telah berhasil melakukan identifikasi potensi hutan bersama masyarakat adapt. Kegiatan utama yang dilakukan pemetaan partisipatif di sejumlah wilayah pemerintah distrik di kabupaten Jaya Pura. Identifikasi dan pemetaan itu antara lain meliputi kelompok masyarakat adapt Namblong, Klisi Kemtuk, mooy dan Tepera termasuk kelompok masyarakat adapt Tabi dikawasan hutan Cykloops. (bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: