Mengarsip Jambi

Mengarsip Jambi

Melalu kegiatan-kegiatan kecil sepert itu BPAD dapat sekaligus mendidik masyarakat muda Jambi untuk dapat mengarsip dan mengerti apa pentingnya arsip. Arsip tentang apa pun, mungkin dari musik kesenangan, permainan digital atau lainnya.

Bonus Demografi, arsip dan identitas

Sepuluh tahun terakhir pertambahan jumlah penduduk dikatakan lebih besar dari jumlah pendudu Kanada hari ini. Para demograf mengatakannya sebagai bonus demografi, dimana terjadi ledakan jumlah penduduk usia produktif.

Beberapa Negara seperti Jepang salah satunya, berhasil memanfaatkan bonus demografi yang pernah dialaminya. Jepang menuai kemajuan hingga sekarang ini karena berhasil mendidik masyarakat usia produktif tadi agar tak mengulangi sajarah kelam mereka dahulu.

Terkait dengan bonus demografi ini, BPAD sangat perlu mendidik kesadaran mengarsip bagi peserta didik. Tentu dengan adanya bonus demografi ini, pengumpulan arsip menjadi lebi cepat jika kesadaran mengarsip dengan semangat yang dijaga bisa sedemikian rupa dibentuk oleh BPAD. Tentu ini bukan hanya tanggung jawab BPAD tapi juga seluruh lembaga dan masyarakat Jambi pada khususnya.

Melalui pemenuhan tanggungjawab arsip tersebut Jambi akan lebih jelas identitasnya di era globalisasi ini. Identitas yang jelas tentu dapat mencegah penjajahan budaya luar, bahkan identitas Jambi dapat saja dijadikan komodifikasi dan dimanfaatkan untuk pengembangan daerah sendiri.

Melalui arsip dan pengetahuan tentang identitas daerah Jambi bisa seperti kota-kota besar bai dalam dan luar negeri yang budayanya banyak di adopsi. Misalnya tradisi minum the dari Inggris, atau seperti Palembang yang terkenal dengan pempeknya, para peneliti sejarah tentu akan ke Palembang untuk meneliti Pempek dan itu menguntungkan untuk Palembang.

Contoh lain dari arsip pribadi yang menguntungkan daerah adalah novel Laskar Pelangi. Novel ini mendapatkan penghargaan buku pariwisata di Jerman. Novel ini kalau boleh saya sebut sebagai arsip pribadi seorang Andrea Hirata, meski pun terkadang ada yang ditambah-tambahkan.

Selain itu novel Andrea yang berjudul Padang Bulan, di dalamnya ada penjabaran Andrea tentang budaya ngopi orang melayu. Hal ini sangat menarik dari segi sosial budaya Andrea menghadirkan heritage culture tempatnya tinggal dengan menarik. Hal ini tentu tanpa harus dijelaskan jelas menguntungkan bagi daerah dari segi pariwisata. Terlebih hari ini siapa yang tak kenal pantai lascar pelangi yang juga sempat ditayangkan di layar lebar.

Namun itu semua tentu bukan tujuan jangka panjang. Northern British Columbia Archive mengatakan bahwa pentingnya arsip adalah untuk generasi mendatang. Arsip dapat berguna untuk bahan-bahan penelitian, termasuk pengajaran, rencana pembangunan dan sejenisnya. Selain itu arsip juga membantu masyarakat memahami sejarah mereka, bukankah pengetahuan tentang masa lalu membuat masa depan lebih baik.

Selain itu Northern Columbia Archive juga dapat membantu mengembangkan dan mempromosikan identitas manusia yang ada di tiap zona geografis. Seperti halnya yang jadi program BPAD ini, menyusun sejarah Jambi.

Jadi, arsip sangat penting untuk menunjang pengembangan daerah saat ini. Kalau perlu seperti kebijakan Kanada yang mendorong masyarakatnya untuk mengarsip hal-hal yang terkait dengan individu dan organisasi di setiap daerah. Kanada melakukan: Arsip Total.

Mari mengarsip Jambi.

(penulis lepas asal Jambi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: