325 Santri Ponpes Ikuti MQK Tingkat Provinsi

325 Santri Ponpes Ikuti MQK Tingkat Provinsi

JAMBI-Sebanyak 325 santri pondok pesantren dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) tingkat Provinsi Jambi pada Senin (02/12) kemarin. Acara diawali dengan defile dari seluruh peserta yang memenuhi lapangan Ma’had Ali Ponpes As’ad tempat acara pembukaan berlangsung.

Kakanwil Kemenag Jambi, Drs H Mahbub Daryanto, MPd.I yang merangkap sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa berdasarkan petunjuk dari Menag RI, Provinsi Jambi telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan MQK tingkat Nasional pada tahun 2014.

Untuk itu dilaksanakannya MQK tingkat Provinsi Jambi ini merupakan pra pelaksanaan MQK tingkat Nasional tahun depan. “Dari pelaksanaan MQK tingkat Provinsi Jambi ini kita akan belajar banyak jelang persiapan tuan rumah di tingkat Nasional. Kita masih melihat sarana yang ada masih ada yang kurang,” ujar Mahbub.

Ditambahkannya, fungsi pondok pesantren sebagai pusat kajian dan pendalaman ajaran Islam dalam upaya mendidik kader-kader ulama dan da’i yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Penggalian kandungan kitab kuning  sangat erat kaitannya dalam pengembangan tradisi keilmuan keislaman secara umum dan juga merupakan jembatan penghubung sejarah hukum masa lalu dan masa kini.

“Seiring perkembangan zaman penggunaan literatur kitab kuning semakin memudar, sehingga banyak alumni pesantren ynag kurang menguasai ilmu agama yang bersumber dari sumber asli ilmu agama yang kebanyakan berasal dari kitab kuning,” tambah Kkanwil.

“Dengan dilaksanakannya MQK ini kita harapkan akan menumbuhkan semangat tradisi keulamaan yang ada di pondok pesantren juga akan mendorong kecintaan dari santri membaca kitab kuning sebagai sumber ilmu agama islam,” tandas Ka.Kanwil.

(kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: