Tekankan Kemandirian dalam Pembelajaran

Tekankan Kemandirian dalam Pembelajaran

JAMBI-Kemandirian anak merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) Muslimat Kota Jambi. Hal ini diakui Kepala TK Muslimat Kota Jambi, Nurfalina bahwa siswa harus diajarkan agar mandiri.

“Memang yang kami tekankan dalam pembelajaran di TK Muslimat Kota Jambi ini yaitu kemandirian anak. Bagaimana anak bisa mengenal dirinya sendiri,” ungkap Nurfalina saat ditemui, kemarin.

Menurutnya, untuk mengajarkan anak mandiri, dapat dilakukan dari hal yang kecil. Misalnya sejak awal masuk di TK, anak-anak sudah dilatih untuk tidak ditunggui orang tua. Pada hari pertama masuk sekolah, pihaknya telah menganjurkan kepada orangtua untuk tidak menunggui anaknya di sekolah.

Meskipun, tidak semua anak mau untuk ditinggal orangtuanya. “Kita selalu memberikan pengertian kepada orangtua, supaya anak-anaknya bisa berlatih mandiri,” jelansya.

Dikatakannya, kemandirian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, karena dengan memiliki sikap kemandirian potensi yang dimiliki anak akan cepat berkembang.

Selain kemandirian, anak-anak juga dididik mengenai budi pekerti, seperti bersikap sopan kepada orang lain, menghargai orang lain dan sebagainya. Dalam proses pembelajaran, pihaknya menerapkan pola bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain.

“Dengan hal ini, diharapkan anak bisa mengikuti kegiatan belajar secara menyenangkan dan anak juga merasa nyaman, serta tidak kehilangan masa bermain, karena usia TK merupakan usia bermain bagi anak,” ujarnya.

(lia)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: