>

Setahun Dirahasiakan, Sekarang 16 Juta Pengguna

 Setahun Dirahasiakan, Sekarang 16 Juta Pengguna

 Sekarang dengan bangga Calvin mengatakan bahwa Picmix 100 persen buatan anak bangsa. Dia yakin, dengan pencapaian itu, produk IT (information technology) dalam negeri tidak diremehkan bangsa sendiri.

 \"Mungkin ceritanya beda kalau sejak awal saya bilang ini produk Indonesia. Dilirik pun tidak,\" lanjutnya.

 Namun, Calvin tidak sepenuhnya menyalahkan masyarakat Indonesia. Sebab, para pengembang IT Indonesia terkadang tidak menjaga kualitas produk yang dibuat. Padahal, dari segi kualitas, produk Indonesia tidak kalah jika dibanding produk asing.

 \"Sayangnya, jarang yang disempurnakan. Pokoknya asal jadi,\" kata lulusan ilmu komputer Universitas Bina Nusantara (Binus), Jakarta, tersebut.

 Calvin menyatakan, di luar negeri, Picmix dilirik banyak investor. Meski begitu, dia tetap ingin memperkenalkan Picmix sebagai produk Indonesia. \"Saya lahir di sini dan saya cinta Indonesia. Bisa saja dijual di luar. Tapi, saya ingin menyumbang sesuatu buat Indonesia.\"

 Di antara 16 juta pengguna Picmix, 35\"38 persen adalah orang Indonesia. Disusul orang Venezuela dan Afrika Selatan dengan komposisi 13\"15 persen. \"Sisanya ada di UK (United Kingdom), Timur Tengah, Belanda, Amerika, Kanada, dan India. Kisarannya 7\"10 persen,\" jelasnya.

 Calvin mengklaim, belum ada produk IT Indonesia yang berhasil menembus batas dunia seperti Picmix. Apalagi pemasarannya dilakukan tanpa dana sedikit pun. \"Kami tidak pakai biaya untuk marketing. Ini murni word of mouth (mulut ke mulut, Red). Mereka pakai, suka, cerita ke orang lain,\" tegasnya.

 Tak heran, di BlackBerry App World, aplikasi Picmix selalu menduduki peringkat top five. Demikian juga di Google Play, aplikasi itu selalu berada di peringkat Top 10 atau Top 20.

 \"Di BlackBerry App World, produk kami sering di nomor satu, mengalahkan Twitter, Facebook, dan WhatsApp,\" tuturnya.

 Hal itu menunjukkan bahwa aplikasi Picmix banyak diunduh. Tidak hanya di BB, namun juga di gadget yang lain. Bahkan, tahun depan pihaknya siap masuk ke iPhone. Setiap bulan setidaknya Picmix diunduh sejuta pengguna baru. \"Tahun depan kami targetkan 30 juta pengguna.\"

 Dengan pencapaian seperti itu, sangat banyak perusahaan yang kini ingin bekerja sama dengan Picmix, mulai pembuatan frame khusus, penjualan stiker, foto filter, dan lain-lain. Ada juga perusahaan yang membayar untuk memakai aplikasi Picmix dalam lomba foto dengan tema tertentu. \"Hasilnya lumayan besar lah,\" tandasnya lantas menyebutkan angka.

(*/c5/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: