Manfaatkan Lingkungan Jadi Alat Pembelajaran

Manfaatkan Lingkungan Jadi Alat Pembelajaran

JAMBI-Selain terus menata lingkungannya, maka SDN 69 Kota Jambi juga memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai alat pembelajaran siswa. Hal tersebut dikarenakan pelajaran bukan hanya didapatkan di ruang kelas, tetapi juga bisa diperoleh dari lingkungan sekitar.

“Siswa memang banyak mendapatkan pelajaran dari lingkungan, seperti cara mengelola sampah hingga pengenalan tumbuh-tumbuhan. Apalagi, jarang sekolah yang menggunakan lingkungan untuk sarana pembelajaran ini,” ujar Kepala SDN 69 Kota Jambi, Hj. Mutia Kasumatiwati, SPd saat ditemui, kemarin.

Diakuinya bahwa pelajaran lingkungan memang sangat penting diketahui  seluruh siswa, karena nantinya mereka bisa terapkan dilingkungan masyarakat. Seperti pemanfaatan sampah dan penataan tanaman.

Diketahui bahwa saat ini sering terjadi banjir akibat kurangnya pemanfaatan lingkungan. Sehingga jika seluruh siswa sudah bisa mengetahui cara penataan lingkungan yang baik, maka itu bisa menjadi bekal mereka saat berbaur di masyarakat.

“Kami juga bisa memanfaatkan tanaman yang ada di lingkungan sekolah untuk sarana pembelajaran siswa agar mereka bisa mengetahui nama-nama tumbuhan. Dengan adanya pembelajaran lingkungan ini, siswa juga lebih senang mengikuti pendidikan di sekolah, karena mereka tidak terus-menerus belajar di ruang kelas,” terangnya.

Seperti biasanya sekolah tersebut juga sering melaksanakan lomba kebersihan lingkungan antar kelas. Hal ini menjadikan salah stau motivasi bagi siswanya untuk terus menata lingkungan kelas mereka.

(lia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: