Kembangkan Kegiatan Ekskul

Kembangkan Kegiatan Ekskul

JAMBI-SDN 211 Kota Jambi terus mengembangkan program peningkatan mutu sekolah. Tidak hanya melalui kegiatan akademik, tetapi sekolah juga aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler. Salah satunya adalah kesenian yang terus berkembang di SDN 211.

Kepala SDN 211 Jambi, Mastuti Alwi, SPd mengungkapkan bahwa khusus bidang kesenian, pihak sekolah memberi kebebasan siswa untuk mengambil bidang kesenian apa yang disukai. Karena kesenian tersebut tidak bisa dipaksakan dan harus sesuai dengan minat dan bakat siswa.

“Kita membebaskan siswa menggeluti bidang kesenian yang mereka senangi. Tugas kita sebagai guru adalah membimbing dan  mengarahkan kesenian itu agar bisa bermanfaat dan sesuai dengan norma,” ujar Mastuti saat ditemui, kemarin.

Dijelaskan Mastuti, saat ini bidang kesenian yang ada di sekolahnya cukup lengkap. Mulai dari tari, dance, vocal, seni rupa dan lain-lain. Aneka jenis kesenian itu tak lepas dari keseriusan pihak sekolah yang menginginkan siswanya dapat melepaskan ekspresi seni yang dimiliki.

“Kami pihak sekolah mencoba untuk melengkapi segala kebutuhan kesenian kita seperti property, alat music, ruangan tari, workshop dan lainnya agar siswa kita ini nyaman berolah seni,” tuturnya.

Lebih jauh ditambahkan Mastuti, setiap akhir semester diadakan ujian kesenian. Disaat itulah siswa dituntut mampu menampilkan kebolehannya di depan siswa lain dan para guru.

Kriteria penilaian yang akan diperhatikan beragam yakni  kekompakan, ekspresi, daya ingat dan nalar, make-up dan lain-lain sesuai dengan bidang seni yang dipilih siswa.

“Intinya bukan hanya mengejar nilai yang tinggi, tetapi lebih ke apresiasi siswa terhadap penampilan siswa yang lain. Dengan demikian diharapkan komunikasi antar siswa terjalin dengan baik. Dan saat ini kami telah melihat talenta siswa-siswi dan harus tetap kita bina dan bimbing,” pungkasnya.

(lia/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: