>

Merapi Muntahkan Lava Pijar

Merapi Muntahkan Lava Pijar

\"Kami juga selalu berkomunikasi dengan BPPTKG untuk mendapatkan informasi kondisi Gunung Merapi. KO munikasi ini agar selalu sigap dalam menghadapi bencana,\" jelasnya.

Sementara itu, aktivitas vulkanik Gunung Merapi diketahui meningkat sekitar pukul 04.25 - 04.35. Selain mengeluarkan abu dan pasir, Merapi juga sempat melontaran batu pijar berwarna merah dari kawah Merapi. Material tersebut terlontar hingga jarak sekitar 1 kilometer dari puncak Merapi.

Petugas Pengamat Gunung Merapi Pos Babadan, Purwono mengaku melihat batu pijar melontar dari kawah Merapi. Dia juga mendengar suara gemuruh. \"Suara gemuruhnya sekitar 8 menit dan diperkirakan ada embusan asap,\" katanya.

Dia juga memastikan lontaran tersebut tidak disertai awan panas dan guguran lava. Batu pijar hanya tersebar di hulu sungai Senowo dan Lamat.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo menjelaskan hujan abu menerjang 5 Kecamatan. Itu meliputi wilayah Kecamatan Salam, Muntilan, Borobudur, Dukun, dan Srumbung. \"Bahkan, informasi terakhir hujan abu sampai di Kabupaten Kulonprogo, dan Purworejo,\" katanya.

(ady)

(byu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: