Unbari Gelar Pendidikan Karakter Mahasiswa

Unbari Gelar Pendidikan Karakter Mahasiswa

JAMBI-Untuk mempersiapkan mahasiswanya agar berkarakter sebelum memulai proses perkuliahan, maka Universitas Batanghari menggelar Pendidikan Karakter Mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa baru pada 12-13 September 2014 di Aula Unbari.

                Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor III Unbari, Ir. M. Sugihartono, MSi. Dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan karakter ini sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memperkuat akhlak dan sifat yang baik bagi mahasisa yang baru duduk dibangku kuliah.

                “Karena kepandaian dibidang pendidikan tidaklah cukup tanpa bekal moral dan karakter yang kuat. Diharapkan nanti mahasiswa saat terjun ke masyarakat tidak terjadi penyalahgunaan ilmu yang didapat,” ujar Sugihartono kemarin.

                Dikatakannya bahwa karakter seorang individu dapat juga berbentuk sejak dia masih kecil, karena pengaruh genetic dan lingkungan sekitar. Proses pembentukan karakter, baik disadari maupun tidak, akan mempengaruhi cara individu tersebut memandang diri dan dilingkungan.

                “Maka akan tercermin dalam prilakunya sehari-hari. Kepada mahasiswa peserta pendidikan karakter mahasiswa Unbari saya himbau agar dapat kiranya mengikuti acara ini secara sungguh-sungguh,” harapnya.

                Sementara itu Ketua Pelaksana PKM Unbari, DR. S. Sahabuddin, SH, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa Pendidikan Karakter Mahasiswa (PKM) dilaksanakan dua hari yaitu pada 12-13 September 2014 di Aula Unbari dan hanya diikuti mahasiswa reguler.

                “Pada hari pertama diikuti 2 fakultas yaitu Fakultas Hukum dan FKIF. Sedangkan hari kedua diikuti 3 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Tekni dan Pertanian. Jumlah peserta sebanyak 400 mahasiswa,” jelas Sahabuddin dalam sambutannya kemarin.

                Materi pendidikan karakter mahasiswa baru Universitas Batanghari sendiri yaitu Psikologi dan karakter oleh M. Amin Abdullah, M. Kes, Kecerdasan Spritual oleh Dr. Sopian Ramli, MPd dan Kewarganegaraan oleh H. M. Chairul Idrah, SH, MH.

(kta/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: