Bentuk Karakter Siswa dengan Salat Berjamaah

Bentuk Karakter Siswa dengan Salat Berjamaah

JAMBI-Banyak cara yang dapat dilakukan sekolah dalam membentuk karakter siswanya. Salah satunya lewat kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah. Hal ini juga yang di lakukan SMPN 15 Kota Jambi.

Kepala SMPN 15 Kota Jambi, Bambang Hermanto melalui guru agama SMPN 15, H. Suardi mengatakan bahwa salat berjamaah ini merupakan program rutin yang dilaksanakan dengan tujuan dapat membetuk karakter siswa.

“Dan salat berjamaah ini telah dijadwalkan setiap hari Senin hingga Kamis. Sedangkan hari Jumat kita mengadakan kegiatan baca yasin bersama. Untuk hari Sabtu kita mengadakan kegiatan pengembangan diri,” ujar Suardi kemarin.

Menurut Suardi, kegiatan tersebut bukan hanya sebatas membentuk karakter siswa, namun pada hakikatnya salat adalah kewajiban bagi setiap muslim. Sementara dengan salat berjamaah di harapkan sikap solidaritas dan kebersamaan siswa semakin erat.

“Selain itu salat berjamaah memberikan nilai pahala yang belipat dibanding salat secara sendiri,” lanjutnya.

Dirinya berharap, siswa memang benar-benar mendirikan salat berjamaah tersebut dengan serius dan bukan sebagai ajang main-main bersama teman.

“Siapa yang main-main akan ditegur dan diberi peringatan. Karena mereka sudah berkewajiban melaksanakan salat” ungkapnya. Dirinya juga meminta kepada para guru yang menjadi pengawas dalam salat berjamaah mengkontrol  kegiatan siswa dalam salat berjamaah.

Diungkapkannya bahwa siswa yang tidak ikut salat atau salat sambil main-main, akan dicatat namanya oleh ketua kelas masing-masing. Kemudian diserahkan kepada Kasi Ibadah.

“Nah ini merupakan salah satu penilain untuk pelajaran agama mereka. Sehingga apabila siswa yang namanya sering dicatat melakukan pelanggaran bisa-bisa mendapat nilai yang tidak baik di dalam lapornya,” pungkasnya.

(lia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: