Baru Rasakan Dapat Uang setelah Lima Tahun

Baru Rasakan Dapat Uang setelah Lima Tahun

 \"Komik itu berdasar kisah nyata yang pernah saya alami sebagai orang tivi,\" ujar anak keempat di antara lima bersaudara tersebut.

 Tidak lama setelah komik itu jadi, Ockto mendapat informasi bahwa Kementerian Luar Negeri Jepang menggelar kompetisi komik internasional di luar komikus Jepang. Dia pun kemudian mengirim karya terakhirnya.

 Tak disangka, karya Ockto dan Fathanatul Haq berhasil menjadi pemenang di kompetisi bergengsi yang diikuti ratusan karya komik dari berbagai negara tersebut. Karya Ockto dan Fathanatul Haq meraih medali perak di ajang International Manga Award itu. Bersama peraih gold award  yang diraih komikus Thailand dan dua peraih silver award lainnya dari Thailand dan Tiongkok, Ockto diundang untuk menerima penghargaan tersebut di Jepang.

 \"Waktu itu cita-cita saya kembali melambung. Apalagi, komik Lima Menit sebelum Tayang akan dicetak di Jepang,\" paparnya.

 Namun, ketangguhan Ockto kembali diuji. Penerbit terakhir yang menggandeng dia akhirnya juga gulung tikar karena sejumlah kendala internal. \"Saya saat itu seperti jatuh dari titik atas ke titik paling bawah,\" imbuhnya sambil kembali tersenyum.

 Untung, jatuh bangunnya Ockto dalam menekuni dunia komik relatif mendapat support dari keluarganya. Sebagai orang perantauan dari Batak, bapaknya sejak awal sudah mempersilakan anaknya menekuni dunia yang masih belum terang tersebut.

 \"Hanya ibu yang awalnya mempertanyakan, tapi kemudian menyerahkan keputusannya kepada saya. Paling yang masih sering ditanyakan, kapan nikah,\" katanya, lalu tertawa. \"

 Kebangkitan kembali Ockto seiring kelahiran majalah Re:On. Majalah tersebut khusus berisi karya-karya komik. Dari situ kemudian lahir karya terbarunya yang berjudul Galauman. Komik itu menceritakan keberadaan superhero lokal yang baru berubah menjadi pahlawan ketika dalam situasi galau.

 Majalah yang terbit tiap 5\"6 minggu sekali itu sudah memasuki edisi ke-10 pada November 2014. Mereka terbit kali pertama pada Juli 2013. \"Terus terang, baru sekarang saya merasakan dapat uang dari karya komik saya meski juga belum bisa jadi pegangan sepenuhnya,\" ungkap Ockto.

(*/c10/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: