IAIN STS Jambi Gelar Workshop Sistem Penjamin Mutu Internal

IAIN STS Jambi  Gelar Workshop Sistem Penjamin Mutu Internal

 

Sementara itu Narasumber kegitan itu yakni Tim Ahli Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan dosen Psikologi UIN Jakarta, Bahrul Hayat, Ph.D dalam pemaparannya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan tinggi.

Salah satunya mengenai penjaminan mutu pendidikan dikaitkan dengan UU 12 tahun 2012 Pasal 52  tentang Penjamin Mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.

Selain itu, sistem penjamin mutu tinggi di Indonesia terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Diaktakannya, SPMI adalah kebijakan, sistem dan prosedur yang dibangun oleh perguruan tinggi untuk memantau dan memperbaiki penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi (layanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat).

Terutama sesuai visi dan misi perguruan tinggi dengan mengacu pada standar nasional pendidikan dan standar perguruan tinggi.

SPME melalui akreditasi adalah kebijakan, sistem dan prosedur yang dibangun oleh BAN-PT untuk menilai dan menentukan kelayakan dan mutu program studi dan institusi perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi.

“SPMI dan SPME harus kuat dalam membangun akuntabilitas dan perbaikan mutu,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa untuk memperoleh akreditasi, maka diperlukan rekomendasi strategi perbaikan internal, SPMI melakukan reenergisasi system. Kegiatan peningkatan mutu berkelanjutan serta evaluasi diri secara komprehensif. Budaya mutu juga merupakan point penting.

“Civitas akademika bukan hanya aset dari perguruan tinggi, melainkan mereka adalah perguruan tinggi itu sendiri,” pungkasnya. (azz/adv)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: