IAIN STS Jambi Gelar Workshop Sistem Penjamin Mutu Internal

IAIN STS Jambi  Gelar Workshop Sistem Penjamin Mutu Internal

 JAMBI-Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri Sultan Taha (IAIN STS) Jambi menggelar Workshop Sistem Penjamin Mutu Internal pada Kamis (26/11) kemarin di di aula gedung MUI Provinsi Jambi.

                Dalam kegiatan ini pihak panitia mengangkat tema ‘Dengan Implementasi Penjamin Mutu Internal (SPMI) Kita Tingkatkan Pelayanan Tridarma Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi dan Institusi’. Workshop tersebut diikuti pejabat structural dan dosen dilingkungan IAIN STS Jambi.

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor II IAIN STS Jambi, Dr. H. Marwazi, MAg. Dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di IAIN STS Jambi, maka diperlukan komitmen bersama.

Dalam hal ini apapun yang telah direncanakan tidak bisa berjalan tanpa ada kebersamaan, baik dari pejabat institut maupun dari civitas akademika. “Sejak beberapa tahun yang lalu terus kita berupaya menaikkan akreditasi kita,” aku Marwazi.

Disampaikannya, melalui kerjasama dengan berbagai pihak terkait diharapkan adanya penguatan pada fungsi dan koordinasi. Baik terhadap pejabat maupun civitas akademik supaya melakukan kerjasama yang baik guna meningkatkan mutu internal.

Sementara itu Ketua LPM IAIN STS Jambi, Iskandar, MPd, Ph.D mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk melakukan penyadaran kepada semua pimpinan di IAIN untuk bekerja secara tersandar.

Hal ini dikarenakan di IAIN rata-rata pejabat baru, maka perlu mendapatkan pencerahan tentang bagaimana mengelola sebuah perguruan tinggi yang bermutu.

“Kita sudah mendapatkan inspirasi berdasarkan aturannya. Namun, tentunya ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu proses,” ujar Iskandar.

Dia menjelaskan selama 4 tahun belakangan ini, IAIN telah berkomitmen baik pejabat maupun civitas akademika untuk melakukan perubahan besar SPMI.

“IAIN sudah dianugrahi sertifikat ISO 9001: 2008 itu adalah bentuk output dari proses management mutu yang kita lakukan,” terangnya.

Ditambahkannya, secara akuntabilitas dari IAIN terutama untuk program studi itu diukur dalam proses akreditasi. Diperlukan komitment bersama untuk melakukan perbaikan bersama.

Untuk itu, LPM IAIN STS Jambi diperkuat oleh Tim Penjaminan Mutu, baik ditingkat institut hingga tingkat fakultas untuk mengawal sistem yang sudah disepakati dan mengaudit sekaligus  memberikan rekomendasi kepada pimpinan yang terkait tentang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk diperbaiki oleh orang yang bertanggung jawab di bidangnya.

Sementara itu Kepala Biro AUAK IAIN STS Jambi, Drs. Johanis, MPd.I mengharapkan dari hasil diskusi ini dapat memantapkan gagasan serta langkah bersama guna meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masing-masing pihak berpacu membenahi diri dan semangat mengejar akreditasi itu,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: