SDN 01 Terapkan Pendidikan Keluarga

SDN 01 Terapkan Pendidikan Keluarga

JAMBI-Siswa dan orangtua SDN 01 Kota Jambi pada Sabtu (28/11) kemarin mengikuti sosialisasi dan pembinaan pendidikan keluarga. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kemitraan keluarga dan ekosistem pendidikan keluarga di SDN 01 serta dalam rangka Hari Guru.

Kepala SDN 01 Kota Jambi, Ansori, MPd mengatakan, pihaknya telah menerapkan pendidikan keluarga sejak beberapa minggu yang lalu. Dimana mereka ditunjuk sebagai piloting khusus SD untuk mengembangkan program kemitraan dan ekosistem pendidikan keluarga tersebut.

Pihaknya diakui Ansori akan membuat program kelas inspirasi yang menghadirkan alumni SDN 01 Kota Jambi yang telah sukses di berbagai bidang. Untuk menjalin komunikasi antara guru dan wali murid, maka SDN 01 akan mengadakan pertemuan dan silaturrahmi dalam 3 bulan sekali.

“Bahkan kita sudah memiliki 1.250 nomor handphone wali murid sebagai akses mempermudah komunikasi dengan orang tua murid,” aku Ansori kemarin.

Sementara itu Ketua Komite SDN 01 Kota Jambi, Rajo Bungsu, MPd.I mengatakan wali murid sangat antusias dalam mengikuti paguyuban kelas dan pendidikan keluarga. Paguyuban kelas dirasa sangat membantu. Dalam hal ini orangtua dilibatkan dalam perencanaan kelas bersih dan sehat serta penyelenggaraan pendidikan yang baik.

“Kita harapkan agar fasilitas dan sarana prasarana fisik lebih ditingkatkan seperti ruang tunggu orangtua yang dilengkapi dengan buku  atau computer, kantin bersih dan sehat serta pentas seni,” ungkapnya.

Haliluddin, SPd, Pengawas Pembina TK dan SD Kecamatan Jambi Timur menuturkan penerapan pendidikan berencana tidak terlepas dari peran serta orangtua murid. Dalam pelaksanaannya, pendidikan keluarga sebagai penunjang interaksi antara pihak sekolah, wali murid dan siswa.

Sementara itu, Musnaini Malukis, MPd Pengawas Pendidikan Keluarga SDN 01 Kota Jambi menyampaikan dua poin penting dalam kegiatan tersebut yakni makanan bersih dan sehat bagi siswa serta pendidikan keluarga. Orangtua merupakan pondasi terpenting dalam menunjang terbentuknya siswa cerdas dan berprestasi.

(azz/adv)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: