Tak Selamanya Gemerlap Ini Dia Desa Kumuh Korea Selatan

Tak Selamanya Gemerlap Ini Dia Desa Kumuh Korea Selatan

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Berbicara tentang Korea Selatan pasti yang ada dalam pikiran kalian yakni dunia gemerlap dan hingar bingar para selebritis yang dinamakan K-pop.

 

Dunia K-pop memang sudah menyebar hingga ke seluruh dunia. Namun ternyata tidak semua nasib masyarakat Korea Selatan juga segemerlap dunia K-pop loh tipstrenners.

Buktinya ternyata ada juga desa kumuh Korea Selatan yang tidak banyak orang yang tahu. Itu adalah desa Guryong yang juga berada di Gangnam namun penuh dengan bangunan yang kumuh. Alih-alih gedung pencakar langit, yang kelihatan hanyalah rumah berdinding kayu rapuh hingga kain.

Pemandangan ini terlihat sangat bertolak belakang dari apa yang kita lihat di televisi atau drama. Pun demikian dengan lingkungan yang ada di sana yang penuh sampah dan serangga.

Sejatinya adanya penumpukan rumah-rumah kumuh ini juga sebuah problematika. Pada tahun 1980-an banyak penduduk yang memiliki penghasilan rendah yang harus mengalami pengusiran. Rumah mereka dipakai untuk pembangunan proyek untuk olimpiade.

Karena sudah tak ada tempat tinggal, akhirnya mereka datang ke Guryong untuk terus melanjutkan hidup. Sebelum pindah pun para penduduk ini sempat diiming-imingi tinggal di apartemen. Namun sayangnya sampai saat ini tak ada kejelasan mengenai janji tersebut.

Seperti yang dikatakan salah satu penduduk Kim Ok Nyo, yang sangat iri melihat keadaan gedung pencakar langit di dekat Guryong karena seharusnya mereka juga tinggal di sana.

Hidup didaerah kumuh namun dengan biaya hidup yang mahal memang menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka semua.

Bayangkan saja, di kota yang biaya hidupnya lumayan tinggi, mereka memanfaatkan bantuan yang jumlahnya hanya sekitar Rp2,4 juta rupiah dari pemerintah.

Lantaran keadaannya yang lumayan kumuh, desa Guryong lebih mirip sebuah penampungan. Namun demikian para warga di sana bertahan semampunya dan mencoba membuat lingkungannya sehidup mungkin.

Sangat jauh berbeda dengan kehidupan Korea Selatan yang selama ini kita lihat di drama kan tipstrenners?

 
 

(ayu/tipstren)

Sumber: www.tipstren.pojoksatu.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: