>

Pesawat Batik Air Jambi-Jakarta Berhasil Dievakuasi ke Apron

Pesawat Batik Air Jambi-Jakarta Berhasil Dievakuasi ke Apron

JAMBI-Proses evakuasi pesawat Batik Air ID 6803 jurusan Jambi-Jakarta  yang mengalami return to base (RTB) di Bandara STS Jambi dari tengah landasan berhasil dilakukan walaupun dalam kondisi hujan pagi ini

\"Alhamdulillah pesawat dapat dievakuasi ke area parkir (apron) dengan aman, lancar dan selamat pada pukul 06.35 WIB, hal ini berkat kerja keras dari Tim teknisi Lion Grup yang sejak dini hari terus berupaya melakukan penggantian roda depan pesawat yang mengalami kerusakan tersebut,\"ujar Indra Gunawan, Executive General Manager Bandara Sultan Thaha dalam rilisnya kepada Jambi Ekspres.

Indra menambahkan, kami selaku operator Bandar Udara Sultan Thaha memberikan apresiasi kepada seluruh tim teknisi dari Lion Grup, tim operasi Bandara Sultan Thaha, Airnav dan juga seluruh stake holder terkait di Bandara Sultan Thaha yang sejak siang hari kemarin sampai dengan pagi ini telah bekerja keras untuk berusaha melakukan proses pemindahan.

\"Alhamdulillah proses evakuasi pesawat telah dilakukan dengan baik dan kami akan segera membuka kembali operasional bandara secara normal setelah dilakukan cek dan rechek terhadap seluruh area landasan untuk memastikan kembali bahwa landasan sudah benar-benar clear,\"katanya.

 

Terkendala Hujan

Proses evakuasi/pemindahan pesawat Batik Air yang masih berada di tengah landasan terkendala hujan deras yang menguyur Bandara Sultan Thaha Jambi pada pukul 02.26 WIB.

Beruntung pesawat Wings Air IW 5030 dengan jenis ATR 72-600 yang membawa bantuan sparepart, peralatan dan teknisi dari Batam sempat mendarat di Bandara Sultan Thaha Jambi pada pukul 02.22 WIB.

\"Bersyukur pesawat Wings Air mendarat di Bandara Sultan Thaha setelah diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim Batam sekitar pukul 01.00 LT, awalnya pesawat ini direncanakan berangkat dari Bandara Hang Nadim (BTH) pada pukul 00.00 WIB namun karena terkendala cuaca menjadi tertunda \" ujar Indra.

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Indra Gunawan mengatakan \"kami bersama-sama dengan tim dari Lion Grup beserta stakeholder terkait terus berupaya sebaik mungkin agar pemindahan pesawat pagi ini dapat dilakukan walaupun dalam keadaan hujan, tentunya dengan tetap mengutamakan keselamatan\". Semoga proses pemindahan ini berjalan lancar sehingga pagi ini Bandara dapat kembali beroperasi normal

Seperti diketahui, akibat RTB yang dialami pesawat Batik Air ini, 3 penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Thaha Jambi dibatalkan. “Tiga penerbangan tersebut yakni, Lion Air, Batik Air dan Citilink,”ujar Indra Gunawan, Executive General Manager Bandara Sultan Thaha dalam rilisnya kepada Jambi Ekspres kemarin. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: