Hebat! China Sukses Daratkan Pesawat di Mars

Hebat! China Sukses Daratkan Pesawat di Mars

JAKARTA – China berhasil mengukir sejarah baru. Ini setelah sebuah pesawat luar angkasa tanpa awak berhasil mendarat di permukaan Mars pada Sabtu (15/5). China adalah negara kedua yang sukses sebagai penjelajah luar angkasa setelah Amerika Serikat.

Kantor berita negara Xinhua menyebut, pesawat ruang angkasa Tianwen-1 mendarat di dataran luas yang dikenal sebagai Utopia Planitia. “Ini sebagai pertanda bahwa China telah meninggalkan jejak di Mars untuk pertama kalinya,” kutip Xinhua (15/5).

 

Pesawat meninggalkan orbitnya sekitar pukul 17.00 GMT, Jumat (pukul 01.00 waktu Beijing, Sabtu). Modul pendaratan dipisahkan dari pengorbit tiga jam kemudian dan memasuki atmosfer Mars.

Saat ini, penjelajah bertenaga surya bernama Zhurong, akan mensurvei lokasi pendaratan sebelum berangkat dari platformnya untuk melakukan inspeksi. Zhurong memiliki enam instrumen. Termasuk kamera topografi berresolusi tinggi.

Penjelajah itu akan mempelajari permukaan tanah dan atmosfer planet. Zhurong juga akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno. Termasuk air dan es di bawah permukaan, menggunakan radar penembus tanah.

Apabila Zhurong berhasil, China akan menjadi negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan melepaskan penjelajah dalam misi perdananya ke Mars.

Saat ini, China sedang mengejar program luar angkasa. Pemerintah China juga sedang menguji pesawat ruang angkasa berawak yang dapat digunakan untuk membangun stasiun penelitian di bulan.(rh/fin)

Sumber: www.fin.co.id

Sumber: