Ahli Hongkong Akui Vaksin Barat Lebih Manjur Dibanding Vaksin Tiongkok

Ahli Hongkong Akui Vaksin Barat Lebih Manjur Dibanding Vaksin Tiongkok

“Kita tidak bisa membedakan vaksin Covid-19, mengatakan yang ini buruk atau yang baik. Semua vaksin yang ada mengurangi risiko penyakit parah,” katanya.

Vaksin Pfizer dan Moderna tampaknya lebih efektif daripada Sinovac dan Sinopharm dalam membatasi penularan, tetapi apakah dua vaksin Tiongkok yang disetujui WHO telah gagal? Itu bergantung pada metrik keberhasilan. Jin Dong-yan mengatakan kemanjuran vaksin Tiongkok mungkin tidak cukup tinggi untuk menghentikan virus yang beredar di masyarakat, sehingga membuat kekebalan kelompok di luar jangkauan. Itu berisiko munculnya varian yang kebal vaksin.

“Ada kemungkinan bahwa akhir pandemi mungkin tertunda, atau kita mungkin harus bekerja dengan penyakit seperti flu ini untuk jangka waktu yang lebih lama,” kata Jin.

“(Vaksin Sinovac, Sinopharm) bagus, tetapi itu tidak cukup baik. Kami ingin vaksin membantu mengakhiri pandemi, dan jika itu masalahnya, Pfizer dan Moderna melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik,” katanya.

Dia mengatakan produsen vaksin Sinopharm dan Sinovac memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan, yang mungkin hanya masalah meningkatkan dosis atau menambahkan dosis ketiga. Pfizer dan Moderna mungkin akan diluncurkan di lebih banyak negara tahun depan setelah kapasitas produksi ditingkatkan. (*)

Sumber: www.jawapos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: