Konsep Diri

Konsep Diri

Penulis : Isnawati S.Pd*

 

1. Pengertian Konsep Diri

Konsep diri merupakan keseluruhan pandangan seseorang tentang dirinya sendiri. Dengan kata lain konsep diri juga merupakan potret tentang bagaimana seseorang melihat, menilai, menyikapi dirinya sendiri.

Pembentukan konsep diri sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Lingkungan yang memberikan dukungan positif akan mempermudah individu untuk membentuk konsep diri positif. Sebaliknya, lingkungan yang memberikan dukungan negatif akan membentuk konsep diri negatif.

 

  1. Macam-macam Konsep Diri

Konsep diri dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Konsep Diri Positif yaitu orang yang mampu menerima keadaan dirinya secara apa adanya dengan menerima resiko kekuatan dan kelemahannya. Dia tidak merasa terancam ketika di kritik serta tidak hanyut sewaktu dipuji dan sanjung.
  2. Konsep Diri Negatif yaitu individu yang tidak banyak mengetahui tentang dirinya, tidak melihat dirinya secara utuh kelebihan maupun kekurangannya. Misalnya : hanya memandang kekurangan diri (menjadi rendah diri), merasa tidak disukai orang lain, minder/ tidak percaya diri

 

Karakteristik individu yang memiliki konsep diri positif ialah:

  1. Merasa sanggup menyelesaikan masalah yang terjadi.

Pemahaman diri terhadap kemampuan subyektif dalam menyelesaikan masalah-masalah obyektif yang dihadapi.

  1. Merasa sepadan dengan orang lain.

Seseorang yang memiliki konsep diri positif memiliki pemikiran bahwa saat dilahirkan manusia tidak membawa kekayaan dan pengetahuan. Kekayakan dan pengetahuan bisa dimiliki dari bekerja dan proses belajar selama hidup. Hal inilah yang mendasari sikap seseorang yang tidak merasa kurang ataupun lebih dari orang lain.

  1. Tidak malu saat dipuji.

Konsep diri positif membangun pribadi yang memiliki pemahaman bahwa pujian atau penghargaan layak diterima seseorang berdasarkan hasil yang telah dicapainya.

  1. Merasa mampu memperbaiki diri.

Dengan memiliki konsep diri positif seseorang akan merasa mampu untuk memperbaiki sikap yang dirasa kurang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: