0 Kasus Covid-19, Sultan Brunei Pesta Mewah

0 Kasus Covid-19, Sultan Brunei Pesta Mewah

JAKARTA – Brunei Darussalam tampaknya menjadi negara dengan kasus Covid-19 paling minim di ASEAN. Brunei tidak memiliki kasus Covid-19 sejak 6 Mei 2020.

 

Dilansir dari CNBC Indonesia, jika pun ada kasus baru, hal tersebut merupakan kasus impor. Hal ini membuat beberapa peraturan pengetatan dilonggarkan.

Salah satu bentuknya terlihat pada acara perayaan ulang tahun ke-75 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah pada Kamis (15/7) di lapangan istana kesultanan.

 

Acara itu diadakan setelah pada tahun 2020 lalu ditiadakan karena Covid-19. Dalam acara megah itu terlihat para undangan yang hadir tidak menggunakan masker.

Meski begitu pihak kesultanan melakukan screening yang ketat terhadap tamu undangan.

“Tahun ini hanya tamu yang telah divaksin yang diizinkan masuk ke lapangan dan istana,” tulis media lokal Brunei, The Scoop.

Tak hanya di pelataran istana, warga Brunei juga ikut bersorak merayakan hari ulang tahun rajanya itu.

Di salah satu sudut ibukota Bandar Seri Begawan, masyarakat merayakannya dengan membuka festival bazar dan pasar malam.

Tak hanya menyajikan makanan, festival ini direncanakan juga akan mengadakan penampilan live musik. Bahkan pesta akan dilakukan hingga tanggal 3 Agustus mendatang.

“Kerumunan memadati kios-kios sejak pukul 17:00 sore, untuk menikmati berbagai makanan jalanan dan merchandise, sambil menikmati suasana perayaan saat negara merayakan ulang tahun ke-75 Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin,” lapor media lainnya, Borneo Bulletin.

Mengutip East Asia Forum, seorang peneliti bernama Nadia Azierah Hamdan dan William Case dari University of Nottingham Malaysia menyampaikan analisis mengenai keberhasilan strategi negeri Sultan Hassanal Bolkiah dalam memerangi pandemi.

Pada Januari 2020, saat corona pertama mewabah di dunia, Brunei mengambil keputusan untuk melarang dari Hubei memasuki negara itu.

Pada Februari, pejabat setempat melihat kedatangan dari semua negara dengan cara melakukan pemeriksaan suhu di titik-titik masuk.

Cara Brunei Atasi Penularan Covid-19

Kasus Covid-19 di Brunei mulai terdeteksi pada 9 Maret dan mulai menyebar hingga mencapai 100 kasus dalam waktu 15 hari. Hal ini dipicu dengan adanya seorang jemaah majelis taklim yang berkunjung ke Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: