Ini Dia Keunggulan Anti Lock Braking Sistem pada Sepeda Motor Honda

Ini Dia Keunggulan Anti Lock Braking Sistem pada Sepeda Motor Honda

JAMBI- Honda terus melakukan inovasi dalam hal technology. Dalam hal ini keselamatan pun diperhatikan selalu dengan tetap menyematkan sistem pengereman yang baik dan handal.

Section Head Technical Servis PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Syakroni mengatakan Rem ABS (Anti Lock Braking System) adalah sebuah sistem dalam kendaraan yang membantu tetap aman berkendara meskipun pada jalanan yang cukup licin atau ketika mengerem secara mendadak.

Rem ABS dapat membantu agar roda kendaraan tidak terkunci jika mengerem kendaraan secara mendadak. Apabila menggunakan kendaraan tanpa rem ABS, maka semua roda kendaraan akan terkunci jika dilakukan pengereman secara mendadak dan menekan handle rem dengan kuat, hal ini akan membuat kendaraan sulit untuk dikendalikan.

Rem ABS biasa digunakan untuk kendaraan dengan CC Tinggi dan sekarang honda sudah mengaplikasikan di beberapa type sepeda motor Honda sehingga pengemudi tidak mengalami kesulitan ketika mengendarainya. ABS mempunyai 3 Tipe yaitu ABS 3 Channel, ABS 2 Channel, ABS 1 Channel.

Sistem ini juga baik dan pintar, jika sistem bermasalah akan muncul error pada indikator ABS yang menunjukan sistem bermasalah.

Apabila setelah mencapai kecepatan ternyata lampu ABS tersebut justru berkedip, itu menandakan bahwa ada masalah yang terjadi pada sistem pengereman. “Cukup dengan membaca sekaligus menghitung jenis dan jumlah kedipan yang dihasilkan lampu indikator tersebut, konsumen dapat mengetahui sumber kerusakan pada motor. Kedipan panjang berarti angka puluhan, sedangkan kedipan pendek menandakan angka satuan. Sebagai contoh, satu kedipan panjang dan tiga kedipan pendek berjumlah 13. Angka tersebut merupakan tanda bahwa rangkaian speed sensor bagian belakang motor tidak berfungsi dengan baik” tambah Syakroni.

Komponen dan cara kerja dari fitur ABS adalah sensor kecepatan. Hal ini berfungsi untuk membaca kecepatan pada bagian roda kendaraan.
ABS juga dilengkapi tiga katup pengereman, katup satu terbuka penuh untuk memaksimalkan tekanan minyak rem yang langsung tersambung dengan rem. Sementara itu, katup kedua memiliki fungsi untuk menghalangi tekanan pada minyak rem agar tidak dilanjutkan ke rem.

Kemudian, katup ketiga ini memiliki untuk menghalangi beberapa tekanan dari minyak rem agar hanya setengah saja yang diteruskan pada rem kendaraan. Selain itu, fitur ini juga memiliki pompa untuk mengembalikan tekanan yang ada pada jalur pengereman agar dapat diantarkan ke katup rem tersebut.

Rem ABS ini juga memiliki komponen kontroler yang sering disebut sebagai otak dari fitur tersebut. Hal ini dikarenakan kontroler dapat mengendalikan katup kemudian mengolah data yang berasal dari sensor kecepatan pada semua bagian roda kendaraannya.

“Saat ini Honda sudah menerapkan sistem rem ABS bukan hanya pada motor dengan CC yang besar tapi juga pada scooter matic seperti Honda PCX, Honda ADV, dan Honda Forza. Setelah mengetahui tentang sistem pengereman ABS dan Electronic C-ABS, ada baiknya konsumen selalu memperhatikan, dan menjaga sistem pengereman pada kendaraan. Keep ride, keep safe” tutup Syakroni. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: