Pameran Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur, BRI Bangkitkan UMKM & Dorong Go Global

Pameran Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur, BRI Bangkitkan UMKM & Dorong Go Global

JAKARTAPameran virtual industri kreatif UMKM “LokalKeren Jatim Road to BRILianpreneur” yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi dibuka. Event virtual yang dapat diakses pada https://lokalkerenjatim.id/ ini diikutioleh sebanyak 251 UMKM terpilih dan event ini menjadi rangkaianagenda BRILianpreneur 2021, sebagai wujud nyata BRI mendorongbangkitnya UMKM di Indonesia dan untuk mendukung GerakanNasional Bangga Buatan Indonesia.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan temaLokalKeren Jatimini merupakan wujud kepedulian terhadap UMKM yang dinisiasi oleh Presiden Republik Indonesia melalui KemenkoMaritim dan Investasi dan Kementerian BUMN. Adapunpemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk BRI sebagaipenyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia danberkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, danmenggandeng dua top brand lainnya yaitu Jaya Board danWingsfood.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pameran virtual ini jugamerupakan bagian dari Road to BRILianpreneur di mana event inisejalan dengan spirit BRI yaitu memberikan pembinaan danpengembangan kepada UMKM secara berkesinambungan melaluirangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan program signature tahunan BRI yang sudah terbukti memberikan banyakmanfaat bagi para UMKM binaan BRI, yang tujuan utamanyamembawa mereka [pelaku UMKM] menuju pasar global,” ujarSunarso.

Pihaknya mengungkapkan event ini akan memberikan banyakinsight dan manfaat bagi pelaku UMKM melalui berbagai kegiatan, mulai dari business matching, 3D virtual showcase, on boardingUMKM di marketplace, podcast, lelang produk, dan lainnya.

“Kami berharap event ini semakin bisa menumbuhkembangkanbisnis UMKM serta mendorong UMKM untuk go global danmemiliki daya saing di tingkat internasional. Ke depan, kegiatanseperti ini akan kami lakukan secara berkelanjutan melaluipenyempurnaan secara terus-menerus,” tambah Sunarso.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Maritim danInvestasi Luhut B. Panjaitan mengatakan pihaknya mengapresisiKementerian BUMN, khususnya BRI selalu campaign manager bersama pemerintah daerah, dan top brands Wings Food, Jaya Board dan e-commerce atas terselenggaranya pameran Lokal Keren Jatimyang telah menyuguhkan event dengan kemasan Bangga BuatanIndonesia secara virtual.

Saya melihat semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadirbagi UMKM. Ini menjadi semangat kita untuk keluar dari situasipandemi Covid-19. Sambil mengurangi dampak pandemi ini, kitadorong digitalisasi,” jelasnya.

Luhut mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama memanfaatkan kesempatan ini dengan berbelanja produkdalam negeri, sekaligus membantu pelaku UMKM agar mendorongpenciptaan demand dan akses pasarnya. Luhut meyakini produk-produk UMKM Jawa Timur memiliki kualitas yang premium.

Untuk itu saya berharap kepada Pemda Jatim, Gubernur, WaliKota, serta jajarannya semua, mari kita dukung para artisan lokaluntuk menjadi brand ambassador produk dari daerah yang kita cintaiini. Ajak semua ASN beli keperluan sehari-hari produk dalamnegeri,” tegasnya.

Luhut menegaskan gerakan Bangga Buatan Indonesia akan terusbergerak dari daerah ke daerah. Data sejak Mei 2020 hingga Juni2021 telah mencapai 6,5 unit UMKM on-boarding ke e-commercesehingga total menjadi 14,5 juta unit. Pemerintah akan mendorong5,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital hingga 2023 ditargetkan sebanyak 30 juta unit UMKM on-boarding.

Bagi pelaku UMKM, semangat dan teruslah berkarya, Indonesia pasti hebat, karena Anda sebagai tulang punggung ekonomi. Untukplatform e-commerce mari bantu UMKM meningkatkantransaksinya. Mari dukung dan belanja karya anak bangsa, danBangga Buatan Indonesia yang milik kita semua. Kita bersatu, kitabisa membuat Indonesia lebih bagus, lebih hebat ke depan,” paparnya.

Sementara itu Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkanKementerian BUMN selalu siap dan konsisten dalam menggelarkegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di lingkunganBUMN, mendorong penggunaan produk lokal serta menikmatikarya kreatif anak bangsa yang merupakan bagian dari bentukperjuangan bangsa di masa penuh tantangan ini.

Tema Lokal Keren Jatim yang diangkat kali ini diharapkan dapatlebih mendorong produk artisan dan wisata Jawa Timur. Tidakhanya dikenal oleh konsumen nasional, tapi juga disukai dandicintai oleh konsumen mancanegara. Apalagi dengan kemajuanteknologi dan kemudahan platform digital, akan makinmemudahkan kita untuk mendukung dan menggaungkan gerakanini,” paparnya.

Erick mengapresiasi BRI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur danberbagai UMKM yang mendukung ikhtiar ini. Dia juga mengajaksemua pimpinan dan insan BUMN untuk terus bangga memakaiproduk-produk UMKM nasional dan produk-produk asal JawaTimur dengan berbelanja di https://lokalkerenjatim.id/

Jawa Timur dipilih dan mendapat giliran untuk mewakili daerahlainnya mengingat jumlah UMKM di provinsi ini yang begitu besar. Hal itu berbanding lurus dengan jumlah populasi penduduk yang bisa menjadi pangsa pasar bagi produk UMKM.

Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakiliJawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hinggaaksesoris dan kecantikan. UMKM yang terlibat merupakan binaanBRI, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi JawaTimur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Timur, One PesantrenOne Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, Rumah BUMN, Wingsfood, dan Jayaboard.

Diharapkan melalui program BRI UMKM EXPO(RT)BRILIANPRENEUR terjadi business matching yang menghasilkantransaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu bermanfaatpula sebagai sarana transfer knowledge bagi UMKM untukmenembus pasar ekspor. Melalui BRILianpreneur, UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual, seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat dan lainnya.

Kegiatan ini tidak hanya dapat diikuti melalui website dan e-commerce, tapi dapat diikuti di sosial media dengan berbagaimacam aktivitasnya. Dalam acara ini, BRI pun mempermudah aksestransaksi di e-commerce menggunakan pembayaran daring sepertiBRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, KartuDebit dan Kartu Kredit BRI. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: