COVID-19 Akan Terus Bermutasi, Ahli Virus China: Bersiap Berdampingan dalam Jangka Panjang!

COVID-19 Akan Terus Bermutasi, Ahli Virus China: Bersiap Berdampingan dalam Jangka Panjang!

JAKARTA-Seorang ahli virologi dari Institut Virologi Wuhan (WIV), Shi Zhengli, yang juga dijuluki sebagai perempuan kelelawar” China, mengatakan bahwa varian baru dari virus corona baru akan terus terjadi.

Hal tersebut karena peningkatan jumlah infeksi memberikan lebih banyak peluang bagi virus untuk menyebar dan bermutasi.

Seperti diketahui varian Delta pertama kali terdeteksi di India. Strain telah muncul di setidaknya 98 negara dan wilayah dan terus bermutasi dan berkembang, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

“Kita seharusnya tidak panik, tetapi kita perlu bersiap untuk hidup berdampingan dengan virus dalam jangka panjang,” kata Shi kepada media, Rabu.

Shi mencatat bahwa China sekarang berada di bawah tekanan untuk mengendalikan epidemi, tetapi isolasi fisik masih efektif dalam membatasi penularan.

“Cegah berkumpul, terapkan social distancing, pakai masker dan sering cuci tangan.”

Shi mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan beberapa pasien yang terinfeksi setelah vaksinasi. Dia menemukan bahwa vaksin, meskipun tidak dapat mencegah infeksi, masih efektif dalam mencegah penyakit kritis.

Dia mendesak masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin dan menyerukan percepatan penelitian dan pengembangan vaksin mukosa.

Hal ini untuk mencegah infeksi melalui mulut atau hidung serta obat untuk mengobati COVID-19.

Vaksin COVID-19 (Ad5-nCoV) berbasis vektor adenovirus inhalasi tipe-5 aerosol pertama di dunia, yang dikembangkan oleh CanSino Biologics (CanSinoBIO) dan para peneliti dari Institute of Military Medicine di bawah Academy of Military Sciences yang dipimpin oleh Chen Wei, telah terbukti aman dalam uji klinis Fase-I, Global Times belajar dari CanSinoBIO sebelumnya. (suara/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: