Tiga Instruksi Terbaru Jokowi, Seret Panglima TNI dan Kapolri

Tiga Instruksi Terbaru Jokowi, Seret Panglima TNI dan Kapolri

JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak meminta seluruh jajaran baik TNI/Polri, Menteri Kabinet Indonesia Maju serta kepala daerah untuk gerak cepat merespons kondisi saat ini.

Pasalnya, kondisi saat ini sangat kritis. Kasus kematian akibat pandemi covid-19 di Indonesia terus bertambah setiap harinya.

Apalagi, kondisi ini sejalan dengan masih banyaknya penambahan kasus baru positif Covid-19.

Setidaknya, pada Sabtu, 7 Agustus 2021 jumlah pasien yang meninggal mencapai 1.588 orang sehingga total kematian menjadi 105.598 jiwa.

Salah satu instruksi Jokowi adalah meminta TNI/Polri, Menteri Kabinet Indonesia Maju serta kepala daerah untuk bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menurunkan angka kematian karena virus Corona ini.

 

“Juga melibatkan IDI untuk pintu utama dalam penanganan pasien. Bisa kalau di Jawa ini ada yang lewat telemedicine tapi kalau enggak, ya lewat telepon pun enggak apa-apa. Ini untuk mengurangi angka kematian yang ada,” jelas Jokowi dalam Rapat Terbatas Evaluasi Perkembangan dan Tindak Lanjut PPKM Level 4 di Istana Kepresidenan Bogor yang dikutip GenPI.co, Minggu (8/8).

Untuk mengendalikan penambahan kasus baru, Jokowi menekankan harus melakukan tiga hal penting. Pertama, mengendalikan mobilitas masyarakat setidaknya selama dua pekan.

Kedua, merespons secara cepat hasil testing dan tracing agar orang yang telah terpapar virus tidak menularkan lebih luas lagi.

Ketiga, menyiapkan tempat isolasi terpusat di semua daerah untuk pasien yang terpapar Covid-19.

Tempat isolasi ini bisa menggunakan sekolah, balai, hingga gedung-gedung olahraga.

“Ini pengalaman di provinsi-provinsi yang ada di Jawa yang bisa turun, 3 hal ini dilakukan,” tegasnya.(genpi/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: