>

Tim PKM-PM Farmasi Universitas Jambi Mengadakan Pelatihan Pembuatan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran yan

Tim PKM-PM Farmasi Universitas Jambi Mengadakan Pelatihan Pembuatan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran yan

JAMBI - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu program Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia untuk memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknolologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas. Pada tahun ini,sebanyak 2 tim yakni tim PKM-PM (Pengabdian Masyarakat) dan tim PKM-RE (Riset Eksakta) dari program studi Farmasi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK Unja) lolos pendanaan oleh Kemenristek Dikti 2021.

\"2A_136\"

Pelatihn Pop-Up book  daring melalui zoom meeting

Proposal yang lolos pendanaan dari Tim PKM-PM berjudul Program Strategi Interaktif dan Aplikatif Berbasis Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran di Desa Mendalo Indah, Jambi. Tim beranggotakan 5 orang yaitu Niken Vanika Sari (ketua) dan dengan anggota yakni Maya Arsita, Dafa Riska Maulida, Sonia Anggia, dan Sri Mekar Sari dengan dosen pembimbing yaitu Yuliawati, S.Farm., M.Farm., Apt. Sedangkan proposal Tim PKM-RE yang lolos pendanaan berjudul Formulasi Sabun Cair Antiseptik Alami dan Ramah Lingkungan daeri Resin Jernang (Daemonorops draco), yang beranggotakan 5 orang yaitu Vhanontia sebagai ketua dan dengan anggota yaitu Nabilah Qotrun Nada, Nesya Nandasari, Jasmine Fajri Assyfa, dan Mutia Salsa Billa dengan dosen pembimbing Elisma, S.Farm., M.Farm., Apt.

Sasaran dari kegiatan PKM-PM ini adalah untuk menginovasi buku bacaan berbasis Pop Up Book agar dapat meningkatkan minat baca dari masyarakat terutama kalangan anak-anak. \"Kegiatan ini berlokasi di Rumah Baca ABDI di Mendalo Indah yang merupakan rintisan Tim PHP2D dari Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi,\" kata Yuliawati, S.Farm.,M.Farm., Apt kemarin (11/8).
Pembukaan dan sosialisasi awal mengenai pop-up book dilaksanakan secara luring di Rumah Baca pada tanggal (18/7) dengan jumlah peserta 12 orang. Kegiatan juga dilakukan secara daring menggunakan zoom meeting dengan peserta sebanyak 28 orang. \"Kegiatan ini dibuka oleh bapak Muslim, SE selaku Kepada Desa Mendalo Indah \" jelas Niken Vanika selaku ketua PKM-PM.
Dikatakannya, kegiatan dilanjutkan dengan 3 sesi membuat Pop-Up Book sekaligus belajar bersama menggunakan media Pop-Up Book yang dilakukan secara luring dan daring menggunakan zoom meeting. Peserta pelatihan luring dibatasi untuk menghindari penyebaran covid 19 dan diingatkan untuk melaksanakan protokol kesehatan. Peserta dimaksimalkan pada kegiatan daring melalui zoom.
\"Sesi 1 dilaksanakan pada tanggal (20/7), yakni pemaparan materi berbentuk pop-up book dengan tema \"Anfisman\" (anatomi dan fisiologi manusia, red), dengan materi dari anggota tim PKM-PM Dafa Riska Maulida, sesi kedua dilaksnakan (26/7) yakni pemaparan materi berbasis pop-up book dengan tema \"Mengenal Korona\", dengan pemateri dari anggota tim PKM-PM Maya Arsita. Sesi 3 dilaksanakan pada tanggal (30/7) yakni Pemaparan materi berbasis pop-up book dengan ema “Mengenal Dunia Cacing”, dengan pemateri dari anggota tim PKM-PM Sri Mekar Sari,\" urainya.
Ketua PKM-PM, Niken Vanika Sari menambahkan setelah selesai kegiatan tiap sesi dilakukan post test dengan soal yang sama untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan media Pop-Up Book dapat meningkatkan minat serta pemahaman pembaca.
Selain mendapat dukungan dari kepala Desa Mendalo Indah dan Masyarakat sekitar, sambungnya, kegiatan ini juga didukung oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.
\"Mahasiswa Farmasi sangat antusias dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan datang langsung kerumah baca untuk membantu dalam teknis pelaksanaan pelatihan serta ada yang mengikuti kegiatan secara daring melalui zoom meeting,\" jelasnya.
Sementara, Kepala Desa Mendalo Desa, Muslim, SE sangat mengapresiasi kegiatan ini.
\"Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan serta mampu meningkatkan minat baca serta pengunjung di rumah baca,\" tandas Muslim, SE sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ini. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: