Bawaslu Kembangkan Pojok Pengawasan, Bisa Ekses Data Informasi dan Data Pengawasan Pemilu

Bawaslu Kembangkan Pojok Pengawasan, Bisa Ekses Data Informasi dan Data Pengawasan Pemilu

JAMBI- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi melakukan diskusi pengembangan Pojok Pengawasan Pemilu, Senin (15/11). Pengembangan pojok pengawasan ini dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi mengatakan, Pojok Pengawasan adalah pusat pengembangan ilmu dan pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan pemilu.

\"Bukan hanya diberikan bagi publik awam saja namun juga penggiat dan pemantau pemilu bagi para pemangku kepentingan pemilu dan pengawasan pemilu terlebih bagi pengawas pemilu itu sendiri,\" katanya.

Ia menyebutkan, manfaat pengembangan pojok pengawasan ini adalah ruang partisipasi dan ekspresi masyarakat, meningkatkan mutu data informasi pengawasan pemilu, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengawasan partisipatif.

Selanjutnya, meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat peserta dan pemangku kepentingan pemilu tentang pelanggaran pemilu serta partisipasinya dalam pengawasan pemilu. Meningkatkan pelibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif mewujudkan pusat penelitian dan pengembangan pengawasan pemilu Adapun Pojok Pengawasan Pemilu tidak hanya aktif saat pemilu saja tapi juga berkesinambungan.

Seperti dilakukan pelatihan dan diskusi hingga menjadi pusat kegiatan terkait pengawasan pemilu. \"Kami berharap ada masukan dan saran terkait Pojok pengawasan,\" tukasnya.(aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: