Dorong Pergerakan UMKM, Maulana : Kita Berjuang Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi

Dorong Pergerakan UMKM, Maulana : Kita Berjuang Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi

JAMBI-Angka kemiskinan di Kota Jambi mencapai 8,27 persen, setengahnya merupakan kemiskinan ekstrim. Data tersebut disampikan Wakil Walikota Jambi Maulana yang juga merupakan ketua tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kota Jambi, saat menghadiri pertemuan dan pembinaan UMKM Kota Jambi, di Kelurahan Suka Karya, Kota Baru, kemarin (26/11).


Dikatakan Wawako Maulana, pasca pandemi covid-19, pihaknya akan fokus untuk mendorong pergerakan UMKM dalam rangka meningkat lajur pertumbuhan ekonomi dan mengatasi kemiskin di Kota Jambi.

\"Kota Jambi mengalami peningkatan angka kemiskinan yakni 8,27 persen, setengahnya kemiskinan ekstrim. Dari statistik kemiskin itu, perempuan lebih banyak,\" kata Maulana.

Untuk itu sebut Maulana, kelompok UMKM ibu-ibu akan digerakan kembali. Mereka mulai diberi pembekalan, pelatihan dan pemberian keterampilan secara berkelompok.

\"Akses modal kita permudah. Untuk pemula yang baru mulai usaha, bisa dibantu pinjaman modal Rp 3-5 juta,\" imbuhnya.

Para pelaku UMKM yang nantinya sudah mampu melakukan produksi sebut Maulana, diarahkan untuk pemasaran yang berbasis digital (online).

\"Kita sudah bentuk rumah kreatif pemuda siginjai yang akan mendampingi seluruh UMKM di Kota Jambi untuk dilatih dan dikenalkan dengan digital,\" jelasnya.

Jika upaya tersebut berhasil kata Maulana, mudah-mudahan bisa menjadi daya ungkit penanggulangan kemiskiman, peningkatan kesejahteraan rumah tangga dan laju pertumbuhan ekonomi.

\"Kini kita membangun semangat dulu untuk membangkitkan ekonomi. Kita berjuang membankitkan ekonomi pasca pandemi,\" pungkasnya. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: