Covid-19 Omicron Sudah Masuk Malaysia, Mahasiswi Tiba dari Afsel

 Covid-19 Omicron Sudah Masuk Malaysia, Mahasiswi Tiba dari Afsel

KUALALUMPUR-Malaysia melaporkan satu kasus pertama Covid-19 varian Omicron. Dia adalah seorang perempuan 19 tahun yang berprofesi sebagai mahasiswi. Ia juga sudah divaksinasi.

“Varian itu diidentifikasi pada seorang perempuan berusia 19 tahun yang tiba dari Afrika Selatan melalui Singapura pada 19 November 2021,” kata Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dalam briefing pada Jumat (3/12) seperti dilansir Straits Times.

 
 
 “Dia adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di Ipoh, Perak, dan telah menyelesaikan vaksinasi Covid-19,” katanya. Mahasiswi itu dikarantina selama 10 hari. Pihak berwenang telah menguji ulang sampel positif sebelumnya setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Omicron sebagai varian yang masuk kategori kekhawatiran pada 24 November.

Lima orang lain yang berada satu kendaraan dengan wanita itu sebelum karantina, semuanya dinyatakan negatif.

Sudah Masuk Malaysia Sebelum Ditemukan di Afsel

Penting untuk dicatat bahwa kasus varian Omicron masuk ke Malaysia pada 19 November sebelum Afrika Selatan melaporkan kasus pertama ke WHO. “Setelah kami mengetahui tentang Omicron, kami kembali melakukan tes genom pada semua kasus positif dari Bandara Internasional Kuala Lumpur antara 11 dan 28 November. Begitulah cara kami mendeteksi kasus tersebut,” tegasnya.

Pihak berwenang telah meminta mahasiswi itu bersama dengan delapan kontak dekat untuk menjalani pengujian lebih lanjut setelah sampel tes sebelumnya dikonfirmasi sebagai varian baru. Semakin banyak negara yang melaporkan kasus varian Omicron, yang menurut WHO membawa risiko yang sangat tinggi menyebabkan lonjakan infeksi.

Minggu ini, Malaysia melarang sementara masuknya pelancong dari 8 negara yang telah melaporkan adanya varian atau dianggap berisiko tinggi. Namun, Malaysia akan mempertahankan jalur perjalanannya dengan Singapura untuk saat ini meski Singapura juga sudah mendeteksi adanya varian Omicron. (*)

Sumber: www.jawapos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: