Disbudpar Selenggarakan Pelatihan Bagi Pokdarwis di Merangin

Disbudpar Selenggarakan Pelatihan Bagi Pokdarwis di Merangin

JAMBI - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu organisasi yang berbasis masyarakat yang dapat membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan implementasi unsur-unsur sapta pesona dalam kegiatan kepariwisataan di daerah. Dengan adanya kesadaran tentang peran Pokdarwis dalam kelangsungan kegiatan kepariwisataan maka pemerintah perlu melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kegiatan Pokdarwis.

 \"Saat 

Salah satunya melalui kegiatan Pelatihan Pembentukan dan Sosialisasi Pokdarwis yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi melalui Bidang Pengembangan Destinasi di Kabupaten Merangin. Kegiatan pelatihan ini melibatkan empat Pokdarwis dari empat desa di Kabupaten Merangin, yaitu Desa Bedeng Rejo, Desa Air Batu, Desa Dusun Tuo, dan Desa Madras dengan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 orang.

\"Penyerahan

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Hj. Lies Indriani, ST. PGD.Sc.MM mengatakan, pelatihan yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menjadi upaya penguatan kapasitas, peran aktif masyarakat sebagai subjek maupun penerima manfaat dalam pengembangan kepariwistaan berkelanjutan. Pokdarwis merupakan kelembagaan masyarakat pelaku kepariwisataan yang berperan besar mendukung terciptanya iklim kondusif bagi pertumbuhan pariwisata. Selain itu, Pokdarwis berkontribusi dalam terwujudnya sapta pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan. \"Melalui pelatihan ini tujuannya yaitu agar terciptanya peningkatan SDM Pokdarwis, sehingga siap menerima kunjungan wisatawan dengan memberikan yang terbaik sesuai dengan standar kualitas pelayanan kepariwisataan,\" ujarnya.

\"Foto

Pokdarwis yang dilibatkan dalam pelatihan ini merupakan Pokdarwis yang berada disekitaran Geopark Merangin. Keberadaan geopark ini pastinya akan mendatangkan wisatawan, baik itu yang ingin menjajal arung jeram atau untuk berwisata alam, sehingga keberadaan Pokdarwis sangat diperlukan untuk menunjang pelayanan kepariwisataan di Kabupaten Merangin.

Dalam kegiatan ini, lanjut Lies, Disbudpar juga menyalurkan bantuan untuk Pokdarwis seperti tong sampah, rompi dan life jacket. Kegiatan ini menghadirkan pembicara yaitu Ir. Guntur dan Suryanandi SE.

 

Dengan adanya pelatihan yang telah dilaksanakan, Pokdarwis diharapakan dapat menciptakan memori yang berkesan bagi wisatawan kedepannya, sehingga pengalaman perjalanan kunjungan wisata yang dilakukan dapat terus membekas dalam benak wisatawan, dan menumbuhkan motivasi untuk berkunjung ulang. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: