KI Jambi Visitasi Keterbukaan Informasi Badan di Kota Jambi

KI Jambi Visitasi Keterbukaan Informasi Badan di Kota Jambi

Abu Bakar : Pemkot Jambi komitmen terhadap penyediaan informasi dan data

JAMBI- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Jambi, Abu Bakar terima kedatangan Komisi Informasi (KI) Provinsi Jambi dalam melakukan visitasi monitoring evaluasi (Monev) keterbukaan informasi Badan Publik se-Provinsi Jambi Tahun 2021, yang berlangsung di Aula Dinas Kominfo Kota Jambi, Kamis (9/12).


Visitasi monitoring evaluasi keterbukaan informasi se-Provinsi Jambi Tahun 2021 itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi, Maroli. 

 

Usai penilaian, Maroli mengatakan bahwa terkait kedatangan Komisi Informasi Provinsi Jambi pada kesempatan ini yakni sudah masuk dalam tahapan visitasi Monev keterbukaan informasi publik.


“Nah, kita ingin melihat sudah sejauh mana Kota Jambi mengimplementasikan keterbukaan informasi di badan publiknya. Kita ada empat kategori, yaitu perangkat derah, PPID Kabupaten/Kota, BUMD, dan SMA/SMK se Provinsi Jambi. Visitasi ini adalah penilaian lanjutan dari sebelumnya, mulai dari tahap sosialisasi hingga pengisian kuesioner,\" kata Maroli.


Kata Maroli, pihaknya hanya ingin melihat sejauh mana kepatuhan badan publik yang ada di Jambi ini dalam mentaati undang-undang nomor 14 Tahun 2008.


\"Ketika instrumen yang ada dalam penilaian itu sudah dipenuhi maka kami akan memberikan pemeringkatan. Yang tidak patuh bakal kita umumkan,\" katanya.


Sementara terkait dengan visitasi nya di kantor dinas kominfo kota Jambi, dia mengatakan bahwa sejauh ini sudah cukup baik, karena berbagai instrumen kuesioner yang telah diserahkan sudah dijelaskan secara baik.


\"Tentu kami sudah melihat dan akan mengadakan rapat pleno yang terdiri dari 12 dewan juri, kami akan mempresentasikan, mudah-mudahan hasilnya akan menjadi lebih baik, apa yang kami lihat hari ini,\" ujarnya.


Pihaknya juga mengapresiasi portal-portal pengaduan atau keluhan masyarakat yang sudah diciptakan oleh dinas komunikasi dan informasi Kota Jambi. \"Jadi tadi juga sudah dijelaskan alur jika masyarakat ingin melakukan pengaduan, bisa melalui aplikasi-aplikasi yang sudah ada,\" tambahnya.


Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan jika Pemkot Jambi komitmen dengan pelayanan publik terhadap penyediaan informasi dan data.


“Dalam kesempatan yang berbahagia ini kita sudah melakukan langkah-langkah strategis untuk mengintegrasikan seluruh layanan informasi itu supaya bisa dinikmati publik dalam satu portal. Sehingga kedepan memang dalam masa pandemi Covid-19 ini dan perkembangan informasi dan teknologi itu kita sudah mengembangkan pelayanan informasi keseluruh masyarakat,” ujarnya.


Abu Bakar juga mengucapkan terimakasih atas visitasi dari Komisi Informasi Provinsi Jambi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: