Berdayakan Ekonomi Mikro, BRI Cabang Abunjani Sipin Serahkan Gerobak kepada pelaku UMKM

Berdayakan Ekonomi Mikro, BRI Cabang Abunjani Sipin Serahkan Gerobak kepada pelaku UMKM

JAMBI - Dalam rangka pemberdayaan ekonomi mikro, BRI Cabang Abunjani Sipin menyerahkan lima gerobak untuk berjualan kepada masyarakat pelaku UMKM yang merupakan nasabah BRI. Penyerahan dilakukan langsung oleh Pinca BRI Abunjani Sipin, Dodi Wahyu Budiarso didampingi Ketua Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI Cabang Abunjani Sipin, Habiburrahman. Pinca BRI Abunjani Sipin, Dodi Wahyu Budiarso dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, sesuai tagline BRI, bahwa Bank BRI memberikan makna untuk Indonesia.

\"Pinca

\"Dalam hal ini disebut Gerobak Bermakna, bahwa gerobak ini memiliki banyak makna, terutama bagi pelaku UMKM, terlebih dengan adanya gerobak yang penampilannya lebih baru, lebih bagus dan pasti lebih bersih karena baru. Kami harapkan para pelaku UMKM, bisa lebih percaya diri dalam melakukan usaha jual-belinya, yang nantinya berdampak terhadap peningkatan omset usahanya, dan sejalan dengan meningkatnya ekonomi keluarganya,\" kata Pinca BRI Abunjani Sipin, Dodi Wahyu Budiarso Jum\'at (28/1).

\"Foto
Selama dirinya menjabat sebagai Pinca BRI Abunjani Sipin yakni selama 1 tahun 3 bulan, dan telah melakukan perayaan HUT BRI di BRI Cabang Abunjani Sipin sebanyak 2 kali, yakni perayaan HUT BRI yang ke-125 dan ke-126, melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) dikantor wilayah Palembang. Pihaknya telah diberikan kepercayaan untuk menyerahkan 5 unit Gerobak Bermakna di HUT BRI ke-125 dan 5 unit Gerobak Bermakna di HUT BRI ke-126.
\"YBM ini merupakan yayasan yang sumber dananya berasal dari penyisihan rezeki seluruh karyawan BRI. Baik karyawan BRI di Cabang Abunjani Sipin, maupun 10 unit kami bisa melakukan sedekah melalui YBM,\" terangnya.

\"Pinca
Dalam satu tahun YBM memiliki program yang banyak sekali, seperti melakukan penyerahan bantuan kepada anak yatim-piatu, lansia, pusat pendidikan termasuk penyerahan Gerobak Bermakna bagi pelaku UMKM. Dalam penyerahan Gerobak Bermakna pihaknya pun menyertakan barcode QRIS digerobak tersebut.


\"Selaras dengan semangat kita, bahwa saat ini era digital, apa lagi dimasa pandemi, adanya arahan dari Pemerintah Pusat agar mengurangi kontak, salah satunya mengurangi transaksi menggunakan uang tunai (cash less, red), barcode yang kami tempel digerobak penerima, merupakan salah satu bentuk digital payment yang namanya QRIS. Sudah sangat familiar dimasyarakat, apa lagi kalangan generasi muda,\" jelasnya.
Dalam hal pembayaran nantinya, penggunaan barcode pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan handphone dan melakukan scan barcode QRIS, para pembeli sudah bisa melakukan pembayaran.
\"Tadi sengaja sebelum dilakukan penyerahan gerobak, kami lakukan edukasi dahulu kepada penerima gerobak terkait QRIS tersebut. Nanti saat ada transaksi pembayaran melalui QRIS,\" terangnya.
Terlebih penerima Gerobak Bermakna merupakan nasabah Bank BRI. Karena salah satu syarat yang bisa terpilih menjadi penerima Gerobak Bermakna adalah nasabah Bank BRI. Sehingga si penerima gerobak pun telah memiliki rekening Bank BRI.
\"Penerima Gerobak Bermakna kita buatkan kode QRIS digerobaknya, nanti saat ada transaksi penjualan melalui QRIS, maka secara otomatis transaksi penjualan langsung masuk kerekening pedagang tersebut,\" urainya.
Disamping itu, selain menerima Gerobak Bermakna yang disertai barcode QRIS, penerima juga mendapatkan bantuan permodalan dari Bank BRI sebesar Rp. 900 ribu untuk masing-masing penerima Gerobak Bermakna.
\"Tahun lalu Bank BRI juga memberikan gerobak disertai dengan modal. Medianya sudah ada, alatnya juga sudah baru malahan lebih kece. Dengan ditambahkannya modal, maka rasa semangat pelaku UMKM ini pun diharapkan semakin tinggi, sehingga percaya diri dalam mengembangkan usaha,\" paparnya.
Usai penyerahan Gerobak Bermakna BRI Cabang Abunjani Sipin melanjutkan dengan kegiatan kajian Islam. Pinca BRI Abunjani Sipin, Dodi Wahyu Budiarso mengungkapkan, untuk kajian memang rutin dilaksanakan setiap bulan.
\"Saya pun telah meminta Ketua YBM BRI Cabang Abunjani Sipin, agar penyerahan Gerobak Bermakna dilakukan hari Jum\'at. Karena hari Jum\'at itu berkahnya lebih,\" ujarnya.
Bertepatan dibulan Januari ini pun pihaknya melakukan Majelis Ilmu. Bukan hanya di BRI Cabang Abunjani Sipin saja, melainkan disepuluh kantor unit BRI unit supervisi BRI Cabang Abunjani Sipin. Setiap Jum\'at pagi baik dikantor BRI Cabang Abunjani Sipin maupun 10 kantor unit dilaksanakan pembacaan Yassin.
\"Kalau tidak ada pembacaan Yassin maka dilakukan tausiyah. Untuk di BRI Cabang Abunjani Sipin setiap bulan kami lakukan kajian rutin dengan mengundang ustadz untuk melakukan tausiyah. Karena salah satu semangat kami adalah Work Life Balance, jadi antara pekerjaan, peningkatan ibadah kita dan berolahraga benar-benar harus seimbang. Kegiatan Majelis Ilmu yang kami laksanakan hari ini terbuka untuk seluruh karyawan Bank BRI, ini merupakan program BRI Cabang Abunjani Sipin dan diluar program YBM,\" tandasnya. (yos)

Sumber: