Sah! Omicron Sudah Masuk Jambi, 60 Kasus Sudah Terdeteksi

Sah! Omicron Sudah Masuk Jambi, 60 Kasus Sudah Terdeteksi

JAMBI - Ternyata varian mutasi virus Covid-19 alias Omicron sudah masuk di Provinsi Jambi. Setidaknya sudah terdeteksi 60 kasus positif Omicron yang didapat melalui media deteksi awal SGTF yang spesimennya telah dikirim pusat ke Labkesda Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr. Ferry Kusnadi mengakui dari 90 spesimen SGTF yang diuji di Jambi ada yang positif dan selebihnya ada yang belum keluar hasilnya. \"Sampai Sabtu (12/2) ada 60 kasus Omicron yang terdeteksi lewat SGTF. Artinya jika positif lewat alat ini sudah ada probable Omicron di Jambi,\" terangnya.

Untuk penanganan pasien Omicron, tak ada beda dengana pasien Covid-19 varian lainnya. Tetap dilakukan tracking, tracing, dan treatment. Apalagi mengingat varian ke-13 corona ini sangat cepat penularannya walaupun tak memiliki tingkat keparahan yang tinggi. \"Adapun penanganannya jika gejala sedang berat bisa di tempat isolasi terpadu dan RS rujukan Covid-19. Sedangkan yang ringan ada juga banyak yang isolasi mandiri di rumah,\" sampainya.

Adapun kasus terbanyak Omicron ini, Ferry menyebut ada di Kota Jambi. \"Seperti ada juga yang telah dirawat di RSUD Kota Jambi (Abdul Manap) dan RS Bhayangkara,\" ucapnya.

Ditanya terkait asal Omicron ini apakah dari kasus luar negeri atau transmisi lokal, Ferry belum menjawab detilnya.

Ia berharap semua masyarakat menjaga protokol kesehatan. Dan berharap tingkat gawat darurat di Jambi kecil walaupun di Jakarta telah memuncak. \"Nanti akan kita evaluasi terus menerus, juga sampel SGTF akan kita minta spesemennya ke pusat lagi untuk cek Omicron lebih banyak di Jambi,\" ucapnya. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: